Masjid Kubah Mas Depok Pesona Arsitek Yang Cantik

Masjid Kubah Mas Depok adalah salah satu landmark yang terkenal di kota Depok, Jawa Barat. Masjid ini memiliki arsitektur yang menakjubkan dengan kubah emas yang menjulang tinggi, memberikan daya tarik visual yang kuat bagi siapa pun yang melihatnya.

Alamat : Jl. Meruyung Raya, Meruyung, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat 16515

Sejarah Masjid Kubah Emas Depok

Sebelum kita membahas desain arsitektur Masjid Kubah Emas Depok, ada baiknya jika kamu mengetahui sejarah singkat pembangunan masjid yang satu ini.

Dimulai pada tahun 2001, Masjid Kubah Emas Depok dibangun di atas lahan seluas 8.000 meter persegi, dengan total lahan sebesar 50 hektare, serta diproyeksikan mampu menampung sekitar 20.000 jamaah.

Sejarah Masjid Kubah Emas di Depok, Sosok Pendiri, Arsitektur dan  Filosofinya - Bagian 1

Proses pembangunan masjid tersebut memakan waktu sekitar 7 tahun, yakni mulai dari tahun 2001 hingga 31 Desember 2006 (bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha).

Awalnya, Almarhumah Dian Al Mahri bersama suaminya Maimun Al Rasyid, membeli lahan di Kecamatan Limo, Depok pada tahun 1996. Lahan inilah yang kemudian dijadikan lokasi Masjid Kubah Emas Depok.

Dian Al Mahri atau Dian Djuriah Rais binti Muhammad Rais sendiri adalah seorang pengusaha asal Banten yang memiliki beberapa bidang bisnis, salah satunya seperti tambang minyak bumi di Brunei Darussalam.

Selain itu, Almarhumah Dian juga terkenal sebagai seorang dermawan karena gemar membantu anak yatim piatu dan membantu masyarakat membangun masjid di berbagai daerah.

Bahkan, saking seringnya Dian membangun sebuah masjid, total masjid yang telah ia bangun diperkirakan telah mencapai lebih dari 1000 bangunan yang tersebar di berbagai kawasan di Indonesia.

Menurut Dian, masjid adalah representasi rumah Tuhan, sehingga membangun masjid yang indah dan megah adalah bagian dari ibadah.

Masjid Kubah Emas Depok, Dibangun Megah Tanpa Hitung Biaya untuk Ingat  Kebesaran Tuhan Halaman all - Kompas.com

Selain itu, ia juga berpendapat bahwa kemegahan sebuah masjid dapat mengantarkan perasaan takjub, menggetarkan jiwa, menggenapkan niat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT.

Sedang, keindahan masjid sendiri mampu mengingatkan manusia akan kebesaran Sang Pencipta. Itulah alasan, mengapa Dian berniat membangun Masjid Kubah Emas Depok.

Masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah bagi umat Muslim, tetapi juga menjadi destinasi wisata religi yang populer di Depok. Setiap harinya, masjid ini dikunjungi oleh banyak wisatawan yang terkesan dengan keindahan arsitektur dan lingkungan sekitarnya.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Kubah Mas Depok juga sering digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan, seperti pengajian dan kuliah agama. Selain itu, masjid ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan di masyarakat sekitar.

Masjid Kubah Mas Depok juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial. Selain ruang shalat yang luas dan indah, masjid ini juga dilengkapi dengan ruang kelas, perpustakaan, dan pusat kegiatan masyarakat.

Keberadaan Masjid Kubah Mas Depok juga menjadi sebuah simbol toleransi dan kedamaian, karena di sini umat Muslim dapat berkumpul untuk beribadah dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar tanpa memandang perbedaan. Masjid ini menjadi pusat kegiatan keagamaan yang membantu memperkuat kerukunan antar umat beragama di wilayah Depok.

Sejarah Masjid Kubah Emas Depok dan Fakta Uniknya - Kubah Madina

Tak hanya itu, masjid ini juga menjadi tempat yang cocok untuk mengadakan acara-acara besar seperti pernikahan, peringatan hari besar keagamaan, dan kegiatan sosial lainnya. Dengan begitu, Masjid Kubah Mas Depok bukan hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial yang penting bagi masyarakat Depok.

Keindahan arsitektur, kesan spiritual, serta peran positifnya dalam kehidupan masyarakat menjadikan Masjid Kubah Mas Depok sebagai ikon yang mendapat perhatian besar dari masyarakat, wisatawan, dan pemerintah setempat. Masjid ini benar-benar memperkaya kehidupan rohani dan sosial di kota Depok.

Dengan keindahan arsitektur dan peran pentingnya dalam kehidupan masyarakat, Masjid Kubah Mas Depok menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang berada di kota Depok. Keberadaannya juga menjadi simbol keagamaan dan keindahan bagi seluruh komunitas di sekitarnya.
Tag : Masjid Kubah Mas, Masjid Kubah Mas Depok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *