Masjid Raya Baiturrahman Icon Kota Banda Aceh Yang Mempesonah.

Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Aceh memiliki sejarah yang kaya dan menarik. Dibangun pada abad ke-19, masjid ini memiliki sejarah yang terkait dengan perkembangan Islam di Indonesia, khususnya di wilayah Aceh. Selama sejarahnya, masjid ini telah mengalami berbagai peristiwa penting, termasuk peran pentingnya selama periode kolonial Belanda dan tragedi yang dialami selama bencana tsunami tahun 2004. Keindahan arsitektur dan keberadaan masjid ini juga membuatnya menjadi salah satu ikon budaya yang penting bagi masyarakat Aceh.

Alamat : Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh

Napak Tilas Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Simbol Agama, Budaya, dan Perjuangan Rakyat Aceh

 Selain itu, Masjid Raya Baiturrahman juga memiliki arti simbolis yang mendalam bagi masyarakat Aceh. Masjid ini menjadi simbol kekuatan dan ketahanan masyarakat Aceh dalam menghadapi berbagai cobaan, termasuk saat bencana tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004. Kehadiran masjid ini juga melambangkan kebangkitan dan harapan baru bagi masyarakat Aceh.

Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh salah satu destinasi wisata religi favorit wisatawan di Kota Banda Aceh. Masjid bersejarah ini bukan hanya ikon Serambi Mekkah, tapi juga simbol perjuangan dan penyebaran Islam di Indonesia hingga semenjung Asia Tenggara.“Dengan latar belakang sejarah itu, wajar kalau keberadaan masjid ini mengundang banyak perhatian masyarakat dunia yang ingin mengetahui sejarah Aceh maupun perkembangan Islam di nusantara,” kata Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

Dengan pembangunan lanskap, infrasruktur serta perluasan area masjid yang sudah dimulai dari kemarin, diharapkan akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Masjid Baiturrahman pada masa mendatang.

Menurutnya pembangunan tersebut bagian dari memperkuat keberadaan Masjid Baiturrahman sehingga ke depan menjadi pusat pengembangan Islam di Indonesia.

Pesona Masjid Raya Baiturrahman

Seolah tak pernah berhenti bersolek diri, pemerintah setempat terus berupaya untuk mempercantik masjid yang telah menjadi landmark Serambi Mekkah ini. Penambahan berbagai infrastruktur dan landscape yang terus digencot guna memberi kenyamanan bagi jamaah masjid, serta demi mewujudkan objek wisata halal di Banda Aceh.

Baru-baru ini di Masjid Raya Baiturrahman telah dibangun 12 payung elektrik yang menambah keindahan masjid ini. Payung ini memiliki ketinggian mencapai 20 meter dan lebar 14 meter. Mengelilingi kolam berbentuk persegi panjang serta lantai marmer yang dulunya merupakan halaman rumpu hijau.

Sejarah Masjid Raya Baiturrahman, Pendiri, & Ciri Arsitektur - Nukilan

Fasilitas Masjid Raya Baiturrahman

Fasilitas yang disedikan di Masjid Raya Baiturrahman ini sangatlah lengkap, bahkan bagi penyandang disabilitas pun akan dimanjakan dengan lengkapnya fasilitas di masjid ini. Di masjid sudah terdapat tempat parkir yang luas, bahkan rencananya akan dibangun tempat parkir bawah tanah yang bisa menampung ratusan kendaraan mobil dan motor.

Selain itu, terdapat pula fasiltas tempat wuduh yang terpisah untuk pria dan wanita. Jumlahnya pun cukup banyak, sehingga para jamaah tak perlu mengantri lama. Terdapat pula tempat penitipan sepatu dan sendal bagi para jamaah. Bagi penyandang disabilitas, terdapat fasilitas lift sehingga memberikan kenyaman dan kemudahan untuk beribadah di Masjid Raya Baiturrahman ini.

Wisata Religi

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata religi, maka Masjid Raya Baiturrahman merupakan pilihan yang sangat pas untuk kamu datangi. Kamu bisa beribadah di masjid indah, yang kini berubah wajah menyerupai Masjid Nabawi. Tak hanya beribadah, kamu juga bisa belajar agama serta mendalami agama Islam dengan berkunjung ke masjid ini.

Terdapat beberapa fasilitas yang disedikan oleh pemerintah, seperti TPA, dan juga sekolah Islam bagi orang yang ingin belajar agama dan juga anak-anak. Kamu juga dapat menapak tilas, dengan berkunjung ke masjid yang menjadi saksi perjuangan rakyat Aceh dalam memerangi penjajahan Belanda.

Sejarah: Masjid Raya Baiturrahman Aceh Kebanggaan Kota Aceh

Demikianlah sebagian kecil dari sejarah yang melandasi keistimewaan Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebuah simbol kekuatan, ketahanan, serta nilai-nilai sejarah dan budaya yang mendalam bagi masyarakat Aceh.

Tag : Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *