Bimbingan Teknis (Bimtek) Keuangan Daerah Seberapa Penting

Bimbingan Teknis (Bimtek) Keuangan Daerah

Bimbingan teknis (bimtek) keuangan daerah berarti sebuah layanan berupa bimbingan dan penyuluhan, bersama tenaga ahli atau profesional di bidang tersebut sebagai narasumbernya. Hal ini sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia seiring perkembangan zaman.

Sementara itu, sebanyak 97% peserta bimtek merasakan adanya peningkatan kualitas kerja pasca kegiatan bimtek. Berkat peran narasumber ahli di bidangnya, peserta bimtek langsung bisa menerapkan teori dan metodologi selama pembekalan bimtek dalam bidang pekerjaan mereka.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Keuangan Daerah Seberapa Penting
unsplash.com

Mengenal Bimbingan Teknis (Bimtek) Keuangan Daerah

Era modernisasi kerap dihadapkan dengan berbagai tantangan, termasuk bagaimana mengelola keuangan daerah dengan baik.

Hingga saat ini, pemerintah Indonesia beserta seluruh lapisan masyarakat pun berusaha memperjuangkan suatu reformasi dengan harapan bisa membawa perubahan dalam kehidupan politik, baik skala nasional maupun daerah. Hal ini berlangsung secara konsisten.

Perwujudan dari reformasi tersebut adalah pengesahan sejumlah kebijakan perihal pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Langkah tersebut sebagai upaya perbaikan sistem yang sudah ada dan akuntabilitas lebih besar atas segala sumberdaya masyarakat yang menjadi wewenang pemerintah daerah.

Dalam hal ini, kehadiran pelatihan, bimbingan teknis, dan diklat tentu sangatlah penting. Selain menjadi pembekalan, bimtek akan mempercepat pemahaman terhadap segala aspek yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan daerah.

Pelaksanaan bimtek keuangan daerah bisa sampai 2 atau 3 hari, tergantung materinya. Tujuannya agar peserta benar-benar mendalami materi seputar keuangan daerah dari narasumber. Bimtek juga menjadi sarana penyegaran diri, sehingga peserta bisa lebih memfokuskan diri sekembalinya bekerja.

Adapun maksud pelaksanaan bimtek adalah agar peserta lebih memahami dan menguasai hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban keuangan daerah. Menurut PP Nomor 12 tahun 2019, bimtek keuangan daerah diharapkan menjadi jembatan dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah.

Sebenarnya, seberapa penting pelaksanaan bimbingan teknis(bimtek) keuangan daerah?

Pentingnya Bimtek Keuangan Daerah

Perubahan dan perkembangan zaman otomatis berpengaruh terhadap peraturan pemerintah. Melalui platform digital dan kemajuan teknologi internet, pelaksanaan bimtek keuangan daerah pun semakin mudah demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Berbagai sarana informatika dalam lingkup pemerintah daerah pun menjadi hal penting. Di sisi lain, teknologi internet dan fasilitas media komunikasi pun merupakan elemen yang tak terpisahkan. Perubahan semacam inilah yang mempengaruhi format anggaran dan distribusi keuangan daerah.

Pengaplikasian terhadap perubahan tersebut membutuhkan waktu. Tentu saja perangkat pemerintah yang lama masih merasa canggung untuk melepas aturan lama dan mengadopsi aturan terbaru. Sedangkan bagi perangkat baru, mereka membutuhkan transisi supaya bisa menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin.

Semua faktor tersebut mendorong perlunya pelatihan dan bimtek keuangan daerah. Besar kemungkinan pelaksanaan bimtek adalah setiap terjadi perubahan peraturan atau perkembangan masyarakat. Melalui bimtek, perangkat akan mendapatkan skill-skill penting untuk beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi.

Tujuan Bimtek

Materi bimtek biasanya beragam dan cakupannya luas seiring perubahan dan perkembangan zaman. Hal ini juga berlaku untuk bimtek keuangan daerah. Adapun tujuan bimbingan teknis (bimtek) keuangan daerah meliputi:

  • Meningkatkan kualitas SDM, dalam hal ini adalah aparatur pemerintah daerah.
  • Dengan meningkatkan pemahaman dan persiapan penyusunan dokumen pengadaan, bisa menciptakan koordinasi lebih baik dan siap menghadapi audit pasca proses pengadaan.
  • Meningkatkan kinerja dan akuntabilitas institusi dan organisasi terkait pertanggungjawaban keuangan menuju opsi wajar tanpa kecuali.
  • Pembekalan untuk memiliki kompetensi yang lebih optimal sesuai jabatan.
  • Peserta bisa memiliki kompetensi untuk menduduki posisi jabatan lebih tinggi.

Lembaga Penyedia Bimtek

Keberhasilan bimtek tergantung pada siapa lembaga penyelenggaranya. Penting untuk mempertimbangkan kredibilitas atau izin yang dimiliki oleh lembaga penyelenggara tersebut.

Hal ini sebagai antisipasi terjadinya ketidakjelasan materi yang akan diberikan pada peserta bimtek dan pada akhirnya berdampak pada tidak terpenuhinya tujuan dari pelaksanaan bimtek. Padahal, tujuan akhir dari keikutsertaan bimtek sangatlah penting bagi individu atau instansi tempat peserta mengabdi.

Bimbingan teknis (bimtek) keuangan daerah mempunyai peran penting dalam membentuk perangkat pemerintah daerah dan organisasi yang kompeten serta adaptif. Pelaksanaan bimtek yang relevan dan efektif membawa mereka yang bekerja di bidang keuangan daerah siap menghadapi tantangan masa depan dan memberikan kontribusi pada perkembangan masyarakat juga bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *