7 Persiapan Rafting Di Bandung

Rafting Di Bandung

Rafting di Bandung memang seru dan mengasyikkan. Namun guna menjalaninya secara nyaman, aman dan lancar maka perlu persiapan yang matang. Berikut ini beberapa tips nya.

1. Pilih Sungai yang Tepat

Rencanakan dan pilih lokasi rafting yang tepat dengan sungai yang memiliki tingkat kesulitan yang tepat, sesuai kemampuan. Lalu atur jadwalnya secara cermat. Bisa booking terlebih dahulu jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tempat. Terutama di saat peak season, ketika saat musim liburan tiba. Bisa juga laksanakan rafting berbarengan dengan kegiatan offroad atau pada saat sedang melaksanakan outbond perusahaan dan lain sebagainya, dengan pengaturan waktu dan jadwal yang tepat.

2. Pilih Penyelenggara yang Tepat

Kemudian pilih penyelenggara yang profesional dan bereputasi baik, yang menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai. Juga memiliki tenaga pendamping yang ahli, berpengalaman dan mampu bekerja secara profesional.

3. Jaga Kondisi Kesehatan

Persiapkan agar tubuh dalam keadaan bugar, sehat, fit dan prima serta cukup tidur sebelumnya. Apabila merasa sedang kurang enak badan, sebaiknya pulihkan terlebih dahulu kondisi kesehatannya. Kegiatan arung jeram memerlukan energi yang cukup banyak, agar bisa bertahan menghadapi arus sungai yang cukup deras. Jangan lupa untuk cukup makan dan cukup minum sebelumnya. Lalu juga sempatkan ke toilet terlebih dulu sebelum berangkat rafting dan siap mengarungi sungai.

4. Pakaian yang Nyaman dan Sepatu yang Tepat

Kenakan pakaian yang menyerap keringat seperti baju kaos untuk berolahraga. Lalu bisa kenakan jenis sepatu quick dry shoes yakni sepatu yang cepat kering dan tidak menyerap air agar tidak menjadi berat ketika basah terkena air sungai. Bisa kenakan sepatu gunung yang dilengkapi dengan tali pada tumit kaki. Pastikan ukurannya pas, tidak terlalu longgar dan tidak juga terlalu sempit atau kekecilan. Perlu juga menyiapkan baju ganti yang akan dikenakan setelah selesai menjalani rafting, dan baju yang dikenakan menjadi basah dan kotor. Siapkan juga tas kedap air guna membawa berbagai hal yang perlu mendapat perlindungan agar tidak menjadi basah.

5. Komunikasikan mengenai kemampuan Self Rescue

Penting sekali untuk menjelaskan mengenai segala sesuatu terkait kondisi diri serta tingkat kemampuan penyelamatan diri atau self rescue yang bisa dilakukan. Contohnya seperti memiliki kemampuan berenang di sungai atau tidak, juga apakah penderita kram kaki, serta latah dan lain sebagainya. Sehingga pendamping rafting memiliki gambaran yang tepat dan bersiap jika terjadi suatu masalah selama mengarungi sungai. Dengan demikian maka lantas bisa mengambil sikap dan tindakan yang tepat.

6. Simak dan Pahami serta Ikuti Intruksi Petugas

Perhatikan seluruh petunjuk dan intruksi serta penjelasan yang disampaikan oleh pemandu. Baik sebelum maupun saat melaksanakan rafting. Hal ini demi kelancaran dan keamanan.

7. Cek dan Pastikan Seluruh Peralatan Lengkap

Jangan lupa untuk memgecek serta memastikan bahwa fasilitas peralatan yang biasanya telah disiapkan oleh operator itu lengkap tersedia. Beberapa diantaranya adalah perahu karet atau boat, dan pelampung atau float sebagai body protector jika terjadi hantaman atau perahu terbalik, lalu juga helm pelindung kepala dari kemungkinan terjadinya benturan dengan benda keras seperti batu dan lain sebagainya, juga dengan kondisi dayung atau paddle.

Bagi yang ingin merasakan asyiknya Rafting Bandung maka bisa hubungi Website: www.king-adventure.com atau IG : Outboundbandung_id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *