TIPS DAN TRIK TETAP PRODUKTIF DIMASA PANDEMI

Agar tetap produktif dimasa pandemi kita harus pandai – pandai mencari peluang baru yang cocok dengan sikon Covid 19.

Pandemi Covid 19 telah melululantakan sendi – sendi kehidupan, ada yang kehilangan pekerjaan, ada yang putus sekolah, ada yang usahanya mati dll. Mensiasati hal tersebut kita harus bangkit tidak boleh terlalu lama dalam keterpurukan, ada banyak hal yang bisa kita lakukan agar dapat keluar dari masa – masa sulit. Bagi orang yang tidak terbiasa tinggal di rumah karena selama ini terbiasa aktif beraktivitas di luar rumah, tentu bukan hal yang mudah.  Mereka butuh adaptasi dan solusi yang jitu untuk menikmati hari-harinya selama di rumah saja agar tidak bosan. 

Outbound Jogja

Bagi anda yang mungkin lagi boring dan tidak tau mau ngapain aja dirumah, mungkin tips dibawah ini dapat membantu  ada 10 tips yang bisa kita lakukan selama stay di rumah saja:

  1. Komunikasi Via Online
    Jika anda seorang guru yang wajib mendampingi siswa dalam belajar,  stay di rumah saja bukan berarti interaksi positif antara guru dengan siswa terhenti.  Tetap berkarya dari rumah dengan memanfaatkan teknologi yang ada agar semua tanggungjawab dapat terealisasi dengan baik. Jika anda adalah  seorang ibu atau bapak,  om atau tante, maka tinggal di rumah bisa digunakan untuk mendampingi anak atau ponakan dalam belajar online.
  2. Pegawai kantoran direktur perusahaan, seorang pipinan atau penentu kebijakan lainnya, Pemanfaatan aplikasi online video teleconference seperti Time Link, kenapa tidak?  Kita tinggal milih aplikasi mana yang sesuai, jadi tetap berkarya dari rumah, mengikuti anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai peyebaran Covid 19 demi kebaikan semuanya.
  3. Bisnis Online
    Seperti yang saya kemukakan diatas bahwa copid-19 ini berdampak pada ekonomi, maka bukan tidak mungkin kita bisa melakukan bisnis dari rumah saja untuk membantu perekonomian keluarga.  Stay at home bukan berarti tidak bisa produktif lagi.  Sebelum musibah penyebaran coronavirus menghantam Indonesia, bahkan jauh sebelum itu terjadi, saya sudah banyak belajar dari seorang perempuan pebisnis.  seorang ibu rumah yang berkantor dari rumah saja.  Beliau tetap bekerja, berpengasilan, dan eksis dimana-mana melalui media sosial tanpa meninggalkan rumah. Artinya, semua tanggungjawab sebagai ibu rumahtangga tetap dilaksanakan.   Nah, dari ini kita bisa belajar untuk tetap beraktivitas di rumah saja.  Selama tinggal dirumah, kita bisa tetap semangat melakukan hal-hal positif dalam artian tetap melakukan rutinitas bahkan bisa dibilang lebih enjoy karena punya lebih banyak waktu dalam menggeluti keseharian bahkan bisa mengirit waktu, biaya transportasi  dalam menjalankan kegiatan dengan memanfaatan teknologi.
  4. Perawatan Wajah dan Kulit Tubuh
    Bagi perempuan, cantik luar dalam itu wajib.  Artinya, inner beauty its okay, penampilan kulit wajah dan tubuh pun oke.  Saatnya mencoba produk kecantikan yang sesuai dengan kulit wajah dan tubuh.  Mumpung tinggal di rumah dan bebas dari efek sinar matahari yang berpengaruh buruk pada kecantikan kulit.  Bagi yang selama ini kurang fokus ke perawatan wajah dan kulit akibat padatnya aktivitas diluar rumah,  sibuk mengejar deadline atau kejar target kerjaan dikantor sehingga waktu terkuras ke urusan pekerjaan dan menyepelekan urusan wajah dan kulit tubuh lainnya,  mungkin bisa mencoba selama stay di rumah saja agar tidak bosan di rumah.
  5. Praktek Memasak
    Salah satu hal produktif yang dapat lakukan dari rumah adalah mencoba beberapa resep masakan.  Bagi yang belum bisa memasak, bisa memanfaatkan waktu di rumah untuk belajar memasak.  Himbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah kalau tidak ada urusan yang penting, tentu saja pergi makan ke restauran favorite menjadi terkendala.  Anda akan kesulitan jika ingin mencicipi makanan favorite itu di restoran kesayangan.  Nah, sekarang saatnya mencoba makanan favorite itu dengan buatan tangan sendiri.  Cari resepnya dan cobalah memasaknya sendiri.
  6. Beribadah
    Berdiam di rumah, tentu kita punya lebih banyak waktu untuk beribadah.  Bisa jadi Tuhan punya rencana lain dalam peristiwa  wabah Copid-19 ini, agar kita bisa lebih dekat denganNya.  Apapun yang terjadi di dunia ini karena kehendakNya. Mari ambil hikmahnya dan semakin mendekatkan diri kepala Yang Maha Kuasa.
  7. Merancang Traveling
    Jika anda penikmat traveling, tentunya himbauan tinggal di rumah saja menjadi beban di hati hehehe.  Nah, agar tidak bosan, kita bisa merancang destinasi wisata yang mungkin akan kita kunjungi setelah wabag copid-19 ini berakhir dan pemerintah mencabut kembali larangan untuk pergi kemana-mana.  Melakukan riset pada wilayah destinasi yang akan kita kunjungi selanjutnya adalah saat-saat yang membahagiakan bukan?. Setidaknya dengan melihat foto-foto mealui riset akan menghibur kerinduan menjelajah destinasi wilayah impian.
  8. Nonton Di Rumah
    Menonton televisi, youtube, bahkan live streaming dapat mengusir kejenuhan selama di rumah saja.  Seperti live streaming yang dilaksanan oleh @authenticity yang sempat heboh bahkan menjadi tranding topic di twitter bulan Maret kemarin. Banyak  artis kesayangan yang ikut manggung waktu itu, walupun hanya bisa menyaksikan lewat streaming, kita juga bisa ikut seru-seruan, nyanyi bareng, joget bareng, sekalian aja olahraga ringan dirumah  tuk ngeluarin keringat biar sehat.
  9. Membersihkan Rumah
    Diam di rumah memberikan peluang untuk bersih-bersih rumah sendiri, terutama barang-barang pribadi.  Merapikan kembali lemari pakaian, mengatur ulang dan men-sortir pakaian atau barang lainnya yang tidak lagi di butuhkan untuk diberikan kepada orang lain.  Saat-saat seperti ini banyak orang yang membutuhkan bantuan.
    Pekerjaan membersihkan rumah yang selama ini dikerjakan oleh orang lain atau asisten rumah tangga, kali ini bisa melakukannya sendiri.  Dengan demikian, kita bisa tahu bagaimana beratnya pekerjaan asisten rumah tangga sehingga kita bisa lebih menghargai dan menyayangi orang yang membantu pekerjaan di rumah.
  10. Bercocok Tanam
    Tidak ada alasan untuk tidak mencintai tumbuhan/tanaman.  Tumbuhan adalah produsen yang menyiapkan segala kebutuhan manusia.  Lahan yang sempit bukan kendala untuk menanam tanaman di rumah.  Setidaknya, untuk menanam tanaman hias atau tanaman tertentu yang bisa mensuplai kebutuhan dapur seperti tomat, cabe, kunyit, jahe, kemangi, bayam, dan lain-lain.   Memanfaatkan teras rumah baik penanaman media tanam yang menggunakan pot, polybag, atau sistem tanam hydroponic, bisa dicoba. Tanaman yang hijau mampu menciptakan kesegaran alami dan membuat tubuh rileks sehingga mengusir kejenuhan di rumah.
Semoga saja Tips dan Trik di atas dapat dijadikan alternatif dalam mengusir kegalauan di masa Pandemi Covid 19.
Tag; Tetap Produktif dimasa Pandemi, Tetap Produktif dimasa Pandemi