Tebing Keraton merupakan destinasi wisata yang berada di Dago Bandung dengan menyuguhkan tebing dipadukan dengan pemandangan hutan hijau. Di tebing menakjubkan di Dago ini pengunjung pasti akan akan berfoto dengan berbagai gaya dengan latar belakang hutan pinus dan perbukitan. Posisi yang paling di jadikan spot untuk berfoto adalah batu yang berada di tepi jurang.

Tebing Keraton memiliki pemandangan andalan yang sering diburu para penikmat matahari. Matahari yang terbit seakan membuka semua tirai dari lebatnya kabut yang menutupi hamparan pepohonan di sekitar tebing ini. Begitu pula dengan sunsetnya (Matahari terbenam). Momen sunset yang terekam di tebing ini menjadi sebuah alasan bagi para wisatawan untuk tidak beranjak pergi dari tebing ini. Karena pada waktu inilah momen paling romantis yang terjadi. Dengan panorama alam yang memukau tak heran jika tebing ini sering dijadikan sebagai spot pengambilan gambar photography untuk keperluan iklan maupun prawedding.Dan salah satu spot terbaik mengambil gambar di tebing ini terletak pada sebuah bongkahan batu yang cukup besar dan berada tepat di tepi tebing ini.

tebing keraton sunset

@rahmathl

Lokasi

Tebing Keraton berada di dalam kawasan Tahuran Djuanda, desa Ciburial, Kabupaten Bandung (kawasan Bandung Utara) atau lebih tepatnya berada di kampung Ciharagem Puncak Rw. 11.

Alamat: Lembang, Ciburial, Cimenyan, Ciburial, Cimenyan, Ciburial, Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Harga Tiket

Harga Tiket Tebing Keraton cukup murah. Bagi Anda yang suka travelling, tentu tempat wisata yang satu ini wajib Anda kunjungi. Tiket Masuk Tebing Keraton yaitu Rp.11.000 per orangnya. Hanya dengan biaya tersebut Anda sudah dapat menyaksikan keindahan alam Tebing Keraton. Harga tiket tersebut merupakan tiket masuk untuk wisatawan dalam negeri. Sedangkan untuk wisatawan luar negeri atau mancanegara akan dikenakan biaya sebesar Rp. 76.000. Jika Anda mengendarai sepeda motor, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000 dan parkir mobil sebesar Rp. 10.000.

Wisata baru yang ada di Bandung ini juga memfasilitasi orang-orang yang ingin bermalam atau berkemah di Tebing Keraton. Tebing Keraton Camping memiliki ground camping yang cukup luas sehingga Anda bersama rombongan dapat menikmati waktu lebih lama di tempat wisata ini. Biaya untuk menyewa area berkemah yaitu Rp. 40.000. Jika anda ingin menyewa peralatan camping, pihak pengelola juga telah menyediakannya. Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar 140.000 saja. Biaya tersebut juga meliputi tiket masuk, tenda, penerangan dan makan pagi. Namun jika Anda tidak tertarik dengan camping, Anda dapat memilih Penginapan Di Tebing Keraton untuk bermalam Anda.

tebing keraton dago

@uda.palala

Tata Tertib Pengunjung

Ada beberpa Tata Terib dan Peraaturan yang wajib ditaati oleh pengunjung di Tebing Keraton, sepert:

  • Pengunjung wajib membeli karcis/tiket tanda masuk Tahura IR. H Djuanda
  • Jam buka kunjungan mulai pukul 05.00-16.000 WIB
  • Pengunjung dilarang menuruni tebing
  • Dilarang membawa senjata tajam, miras, narkoba, membuat keributan, dan melakuka curat-coret di dalam kawasan
  • Dilarang mengambil, merusak tumbuhan, menagkap satwa di dalam kawasan.

 

Tips Wisata 

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika akan berwisata ke tebing ini, diantaranya.

  • Pastikan kondisi kesehatan anda prima karena anda akan menempuh perjalanan yang cukup melelahkan hingga bisa sampai ke tebing ini.
  • Jangan membawa anak-anak ke tebing ini tanpa ada perhatian mengingat lokasi objek wisata ini berada disebuah ketinggian yang tentu sangat rawan bagi ukuran anak kecil.
  • Bawa kamera yang berkualitas baik ke tempat wisata ini agar anda bisa mengabadikan salah satu panorama alam terbaik yang pernah ada.
  • Jika Anda menginap di Hotel yang ada di Bandung, sebaiknya memilih yang lokasinya berada tidak jauh.
  • Bulan terbaik mengunjungi adalah ketika musim kemarau.
  • Harap berhati-hati di Tebing Keraton! Pasalnya Jalanan yang curam dan menanjak ketika menuju kesini! Slain itu lokasi tebing keraton yang dari segi keamanan masih belum 100% aman untuk sebuah lokasi wisata.