Sanghyang Heuleut yang merupakan danau purba di Bandung menjadi salah satu wisata yang sangat diminati pengunjung. Sanghyang Heuleut merupakan danau dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Berada di antara tebing-tebing tinggi di sekitarnya dan mengalir di atas aliran Sungai Citarum Purba. Sanghyang Heuleut menjadi salah satu danau purba dimana susunan bebatuannya dapat dilihat secara langsung.

Konon katanya menurut cerita masyarakat setempat danau ini sering digunakan untuk mandi para bidadari. Ada tiga sanghyang atau tempat suci, yaitu Sanghyang Tikoro, Sanghyang Poek, dan terakhir Sanghyang Heuleut. Arti dari nama tempat ini terdiri dari dua kata yaitu Sanghyang berarti tempat suci dan Heuleut artinya selang atau waktu.

pesona sanghyang heuleut

@afrizallrifaldy_

Daya Tarik Danau

Sanghyang Heuleut merupakan salah satu objek tempat wisata yang esoktis di Bandung yang cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menghilangkan penat dari rutinitas pekerjaan. Anda disini dapat menemukan sebuah danau kecil dengan warna airnya yang biru nan jernih. Anda juga dapat menemukan banyak titik spot foto untuk media sosial yang instagramable.

Adapun daya tarik yang dimiliki objek tempat wisata ini salah satunya yaitu adanya goa dengan pemandangan yang mempesona yaitu Sanghyang Tikoro meski letaknya sedikit tersembunyi. Ada juga Sanghyang Poek yang merupakan Goa purbakala di Bandung yang menyerupai sebuah celah dan terhimpit tebing yang cukup tinggi.

wisata sanghyang bandung

@moh.alnoor13

Alamat dan Jam Buka

Lokasi wisata ini berada di wilayah Padalarang. Untuk bisa menuju ke sana pun Anda sudah bisa menggunakan kendaraan roda dua.

Namun, agar bisa sampai ke danaunya Anda harus berjalan kaki karena akses jalannya yang masih sulit. Dari PLTA Saguling, jarak danau cantik ini adalah sekitar 5 Km. Alamat Sanghyang Heuleut ini berada di Kp, Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat.

Anda bisa berkunjung ke sini pada Senin sampai Jumat pada pukul 08.00 hingga 16.00. Sedangkan pada hari Sabtu pukul 08.00 sampai 17.00 dan hari Minggu pukul 07.00 hingga 17.00.

Fasilitas

Meskipun belum dikelola dengan baik oleh pemerintah, fasilitas wisata ini sudah cukup memadai. Meskipun masih minim tetapi adanya fasilitas tersebut tentu sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di sini adalah sebagai berikut:

  • Tempat parkir
  • Tangga
  • Jembatan kayu
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Warung kecil yang menyediakan makanan
  • Persewaan pelampung
  • Pemandu wisata

Tips Berkunjung ke Sanghyang Heuleut

  1. Datanglah pada musim kemarau. Pasalnya pada musim kemarau warna air danau akan terlihat biru toska atau kehijauan.
  2. Pakailah sepatu sol yang anti licin. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ketika melewati jalan menuju ke danau yang penuh rintangan.
  3. Berhati-hati saat berenang. Disarankan untuk tidak berenang ke bagian tengah danau karena dapat membahayakan keselamatan.
  4. Bawalah air minum yang cukup. Karena dalam perjalanan dari PLTA Saguling ke danau harus berjalan kaki sejauh 5 Km.