Bandung memang kondang sebagai tempat wisata belanja. Namun, Ibu Kota Propinsi Jawa Barat ii juga masyur dengan beragam destinasi wisata alam. Salah satunya adalah Gunung Tangkuban Perahu. Rasanya kunjungan ke Kota Kembang tak akan lengkap jika belum bertandang ke kawasan gunung berapi yang ada di Lembang, Bandung Barat itu. Pesonanya yang aduhai membuat pelancong yang sudah datang ke tempat ini pun bahkan ingin kembali lagi. Nah, bagi Anda yang belum pernah ke tempat ini, pasti penasaran bukan, apa sich yang membuat wisatawan selalu berbondong-bondong ke tempat ini? Temukan jawabannya dalam ulasan king-adventure berikut ini.

Selama ini Tangkuban Perahu kerap dikaitkan dengan Legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Sejak masih kanak-kanak, kita diperdengarkan dengan dongeng legendaris itu. Namun, tahukah Anda jika Tangkuban Perahu bukan terjadi akibat perahu si Sangkuriang yang terbalik, tetapi lantaran letusan Gunung Sunda Purba yang begitu hebat pada 50 ribu tahun lalu. Hingga kini, Tangkuban Perahu pun tercatat sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Gunung yang berada di ketinggian 2.084 mdpl ini bahkan memiliki 9 kawah. Meski demikain, hanya 3 kawah di antaranya yang kerap menjadi tujuan wisata. Ketiga kawah tersebut adalah Kawah Ratu, Kawah Domas dan Kawah Upas.

Kawah Ratu merupakan kawah terbesar di Tangkuban perahi di antara kawah lainnya. Memiliki luas 8.000 hektare, kawah ini pun bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi, mobil maupun motor. Sesampainya di lokasi, Anda akan dibuat takjub dengan keindahan kawah tersebut. Anda benar-benar bak sedang menghadap ke sebuah mangkuk raksasa dan memiliki kedalaman curam. Agar bisa menyaksikan pemandangan Kawah Ratu dengan paripurna, datanglah saat cuaca cerah. Saat itu, dinding-dinding kawah dan dasar kawah pun akan terlihat dengan jelas. Hal lain yang bisa dilakukan di sekitar kawah ini adalah menunggang kuda atau berwisata kuliner. Pastinya membeli pernak-pernik souvenir juga bisa dilakukan.

Berikutnya, Anda juga bisa menuju ke Kawah Domas. Dibandingkan Kawah Ratu, kawah  yang berjarak 1,2 km dari Tangkuban Perahu ini lebih sepi, karena masih belum banyak pengunjung yang mendatanginya. Meski demikian, pesona alamnya tak kalah istimewa. Di kawah ini, Anda justru akan melihat pemandangan yang tak selayaknya kawah pada umumnya. Longsoran tebing berwarna putih tampak mendominasi kawah ini. Di beberapa bagiannya, khususnya yang ada di rongga tempat asap belerang keluar, ada pula yang berwarna kuning. Di kawah ini juga terdapat sumber mata air panas kecil. Anda pun bisa bersantai sembari merendam kaki di air hangat itu.

Satu lagi, kawah yang kerap dikunjungi di kawasan Tangkuban Perahu adalah Kawah Upas. Letaknya sekitar 1 kilometer di sebelah utara dari Kawah Ratu. Pemandangan di kawah ini didominasi oleh tebing curam. Meski demikian, tebing-tebing itu tampak eksotis, sehingga sayang untuk dilewatkan.

Meski demikian, untuk mengunjunginya Anda harus menyiapkan fisik yang prima. Pasalnya, Anda perlu berjalan kaki melewati jalan setapak untuk mencapai kawah tersebut. Mengingat tempatnya yang cukup curam, Anda perlu ekstra hati-hati saat menlintasi jalanan tersebut. Pastikan juga Anda menggunakan alas kaki yang nyaman. Sandal jepit biasa sebaiknya Anda tanggalkan. Jika Anda menyukai sandal jepit, pastikan menggunakan jenis sandal jepit ‘naik gunung’ yang memang sudah dircang aman dengan pengait di belakang untuk menjaga alas kaki meleset yang berakibat membuat pemakainya terpeleset.

Sekian dulu ulasan king-adventure tentang pesona Tangkuban Perahu. Pastikan mampir ke sini ya saat ke Bandung nanti. (y)

Tag:  Pesonanya Aduhai! Kalau Bandung Wajib ke Tangkuban Perahu, Tangkuban Perahu, Legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi, Lembang, Bandung Barat, king-adventure, Bandung, Kawah Ratu, Kawah Domas, Kawah Upas, Outbound Bandung, Outbound Lembang

Outbound Lembang : 081219876470