Pasir Ipis Lembang Yang Memanjakan Mata – Bandung memiliki satu lagi destinasi wisata alam yang belum banyak dikunjungi dengan memiliki pemandangan hutan pinus Gunung Tangkuban Parahu. Namanya Wana Wisata Pasir Ipis, disini anda bisa menikmati alam terbuka dengan pemandangan ribuan pohon pinus yang menjulang di sekitar wilayah ini.

Disini ada berbagai macam tempat yang sangat cocok untuk di foto seperti halnya terdapat tempat yang berbentuk Love dengan dilengkapi pemandangan yang menghadap ke ribuan pepohonan yang hijau. Tak hanya itu saja, anda dapat menaiki tempat foto yang terdapat di atas pohon. Berfoto di tempat ini seperti berfoto di Kalibiru, Yogyakarta. Tidak hanya itu saja, disini juga dapat berfoto di bawah yang bertuliskan I LOVE U dan juga gapura yang dengan bentuk hati. Ada beberapa fasilitas di tempat ini. Misalnya seperti Mushola, Toilet, serta Saung-Saung yang menjual aneka macam jajanan serta makanan yang Tradisional. Dilengkapi juga dengan permainan-permainan yang bersifat Tradisonal yang dapat menambah keseruan pada akhir pekan anda.

Sejarah Pasir Tipis

Wana Wisata Pasir Ipis sendiri awalnya terbentuk dari Karang Taruna dan Salah Satu organisasi Perhimpunan Pemuda Lembang (PEDANG), memotivasi anak-anak karang taruna untuk mengadakan kegiatan. Awalnya tempat ini khusus untuk Camping Ground, namun pengunjungnya sedikit, jadi para karang taruna membuat tempat-tempat untuk swafoto yang instagramable. Wana Wisata Pasir Ipis ini merupakan tempat wisata untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

pasir ipis lembang

@sukmasky

Fasilitas

Wisata ini menyediakan fasilitas yang dapat anda gunakan seperti toilet, mushola dan saung-saung yang menjual berbagai jajanan dan makanan tradisonal khas Sunda. Pasir Ipis juga dilengkap dengan permainan-permainan tradisional yang akan menambah keceriaan libur akhir pekan anda.

Lokasi dan Rute

Tidak sulit guna sampai ke lokasi pasir ipis ini. Rute untuk menuju wana wisata pasir ipis yang dapat anda lalui dari kota Bandung menuju jalan setiabudi selanjutnya ke arah lembang. Sesudah sampai di pasar lembang, anda akan menjumpai polsek lurus saja hingga menemukan rumah makan mandarin. Masuklah pada sebuah gang dekat pangkalan ojek. Tidak jauh dari situ kemudian beloklah ke arah kanan arah pasir ipis. Anda bisa melihat plang petunjuk arah. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini terdapat di Kampung Pasir Ipis, tepatnya di Desa Jayagiri, Lembang. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat di google maps.

Harga Tiket Masuk

Jika anda hanya ingin hunting foto di sini, anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya. Karena tiket masuk pasir ipis hanya sebesar Rp 7500,-/orang. Apabila anda tertarik untuk camping di wisata alam pasir ipis, telah tersedia camping ground yang luasnya 3,5 hektar yang dapat menampung 200 tenda. Tiket ataupun tarif camping di tempat wisata pasir ipis yaitu sebesar Rp 17.500,- tiap orang. Untuk tenda dapat menyewa di tempat ini dengan biaya Rp 75 ribu tiap malam. Sebab lokasi pasir ipis yang lumayan jauh dari tempat yang lain. Anggota Karang Taruna disini juga menyiapkan katering dengan tarif Rp 15 ribu per orang. Tak hanya camping ground, ada juga penginapan yang berupa homestay. Tarif penginapan di wisata pasir ipis ini berkisar dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 1,5 juta.tiap malam.