Maribaya Resort merupakan salah satu obyek wisata pemandian air panas yang cukup terkenal di kawasan Lembang, Jawa Barat. Dulu hampir setiap hari obyek wisata pemandian air panas ini ramai dikunjungi wisatawan. Saking ramainya, Maribaya menjadi kotor dan seperti tidak terawat. Sampah berserakan di mana-mana, baik itu di kawasan taman pepohonan, aliran sungai serta yang paling parah adalah menumpuknya sampah di laguna curug yang merupakan spot wisata yang paling diminati pengunjung yang datang ke Maribaya. Namun itu dulu. Kini Maribaya telah bersolek.

Lokasi

Maribaya Resort Lembang terletak di bagian timur Lembang. Sekitar 5 KM dari Pasar Lembang dan sekitar 20-25 km dari Kota Bandung. Untuk menuju ke tempat wisata Maribaya Resort  Lembang ini  dapat diakses dengan  menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Terdapat fasilitas parkir  yang memadai bersebrangan dengan lokasi, dan ada kendaraan khusus “gratis” yang akan mengantarkan pengunjung sampai ke Gerbang Maribaya. Di akses dari Kota Bandung bisa melalui Jl. Dr. Setiabudhi-Ledeng-Lembang atau juga dapat melalui Jl. Ir. H Juanda – Dago giri – Cikidang Lembang.

Fasilitas Maribaya Resort

Bagi  keluarga yang haus akan liburan dan membutuhkan wisata yang menarik dan alami. Ada  beberapa fasilitas Maribaya Natural Hot Sprint Resort, mungkin menjadi pilihan untuk menjadikan liburan yang asyik buat keluarga.

  1. Gerbang utama Eyang Raksa Dinata

Memasuki kawasan Maribaya Natural Hot Spring Resort akan disuguhi dengan pintu gerbang yang memanjang, hanya dengan 35.ooo/orang  dapat menikmati alam yang sejuk. Pengunjung bisa istirahat dan nongkrong  dibagian atas gerbang ini.

2. Food Court Langlangbuana

Setelah melewati gerbang utama, disebelah kanan ada food court yang menyediakan tempat untuk ngopi atau nyemil cantik, pastinya untuk memanjakan lidah para pengunjung dengan makanan khas sunda dan berbagai daerah lainnya.  Pengunjung bisa juga memilih tempat di saung iteung  dengan duduk manis  santai di lesehan , dimana  letak saung-saungnya persis di pinggir sungai Cigulung bisa menikmati makanan  ditemani  dengan angin sepoi-sepoi  dan pemandangan yang asri.

3. Jembatan Eyang Raksa Dinata

Jembatan ini spot yang asyik buat berfoto ria. Sebagai penghubung untuk menuju area wahana lainnya yang ada di Maribaya Resort.Di jembatan ini bisa memandang sungai dengan air yang mengalir melewati bebatuan, membuat adem suasana mendengar gemericik airnya.

4. Diorama Legenda Maribaya

Menyusuri  akhir jembatan Eyang Raksa Dinata. Terpampang dengan megahnya layaknya benteng , di sana menceritakan tentang asal usul Maribaya.

5. Talaga Giri/ Kolam Pancing Ikan

Ada bangku-bangku cantik memasuki area talaga giri. Menjadi spot yang asyik buat berfoto ria atau sekedar beristirahat. Talaga giri khusus area memancing dengan kolam yang disediakan.

6. Twig Cafe

Ada Cafe  Pohon di tengah hutan jika kita melihat dari sky bride. Cafe  ini letaknya tepat di depan  Curug Cigulung. Aha bisa ngopi dan menikmati santapan dengan memandang curug ini. Suasana yang yakin akan membuat  perut merasa ketagihan untuk terus menyantap menu yang disediakan.

7. Air Terjun/Curug

Curug yang ada di Maribaya Resort ini adalah Curug Cikawari dan Curug Cikoleang, tempat yang asyik, adem da indah untuk diabadikan bareng orang-orang tersayang. Jangan aneh

8. Sky Bridge

Jembatan layang yang bisa melihat semua penjuru hutan Maribaya dari atas Sky Bridge atau Tapak Halimun. Akan merasakan sensasi kesejukan udara yang segar. Hmm dan menjadi spot yang kece buat selfie dan wefie.

9. Amphitheatre Bale Pinton

Tempat yang terbuka bisa digunakan untuk berbagai pertunjukan hiburan, pertunjukan seni, gathering dan outing  kurang lebih cukuplah untuk menampung hingga 300 orang. Atau juga bisa digunakan buat hajatan pernikahan.

10. Kamar dan Kolam Rendam

Setelah letih berjalan mengelilingi kawasan Maibaya Resort ini, pengunjung bisa memanjakan diri dengan spa atau beristirahat di kamar dan kolam berendam. Terdiri dari beberapa kolam:

  • Kolam rendam air panas VIP 150 rb/orang (termasuk makan, disediakan handuk, sabun & shampo)
  • Kolam rendam air panas Deluxe 90 rb o/rang (termasuk handuk, sabun & shampo)
  • Foot spa 30 rb/orang (termasuk cemilan cantik khas yaitu jagung/ketan bakar)

11. Area Anak

Taman bermain anak/playground, untuk memasuki area ini pengunjung  cukup membayar 10 rb/anak. Ada  bukit teletubbies mini, perosotan, ayunan pastinya bikin anak betah bermain di alam terbuka. Begitu juga Adventure land yang luas .

12. Mushola dan Toilet

Buat pengunjung muslim, disediakan mushola yang bersih dan luas tepat di pinggir food court. Tak ada alasan hanya karena jalan-jalan menikmati suasana alam kewajiban padaNya terlupakan. Begitu juga dengan toilet yang bernuasa alam bersih berada tepat berdampingan dengan mushola dan food court.

Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Maribaya Rp35.000

Waktu operasional Maribaya Resort Bandung ini adalah setiap hari, mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB.