Lay Out Meeting Room – Setiap meeting atau pertemuan pasti nyamemiliki tujuan dan agenda yang berbeda-beda. Begitu juga dengan kapasitas atau jumlah orang yang akan mengadakan pertemuan. Sehingga sangat perlu adanya penataan ruang agar seluruh anggota yang hadir dalam meeting atau pertemuan merasa nyaman dan menangkap segala apa yang disampaikan secara efektif. Apalagi jika kapasitas yang menghadirinya sangat banyak.

Untuk itu, bagi Anda yang hendak mengadakan suatu agenda meeting atau pertemuan yang penting hendaknya Anda harus mengetahui
terlebih dahulu tata ruang rapat mana yang sesuai untuk agenda Anda kali ini. Berikut merupakan jenis lay out meeting room atau model yang biasanya digunakan:

  1. Theater – Style

Theater – Style

Ini cocok untuk jumlah peserta diatas 300 orang konsep dari meeting style ini adalah layaknya sebuah gedung pertunjukan hanya ada kursi saja (tidak ada meja layaknya classroom style)

  1. Classroom style

Classroom style

Terdapat meja meeting yang lengkap dengan peralatan menulis, air minum dan candy mint, untuk menghadirkan jumlah peserta diatas 100 orang anda harus menyewa di hotel yang besar.

  1. U-Shape

lay-out-meeting-room-u-shape

Jika memilih ini maka anda akan ada meja untuk head board karena sesuai dengan huruf U. Di mana peserta meeting berada disisi kiri dan kanan dan board ada di tengahnya.

  1. Conference

lay out meeting room conference

Mirip seperti huruf II dan peserta meeting hanya ada disisi kanan dan kiri saja. Maksimal 20 peserta karena kalau lebih dari itu aka nada ruang meeting akan panjang dan akan banyak tempat terbuang.

  1. Block Table

Meja meeting yang cocok untuk membahas suatu projek antara anda dengan kolega bisnis anda .maksimal peserta meeting block table adalah 10 dengan perincian 5 disisi kiri dan kanan tanpa head table jika membahas suatu project dengan kolega bisnis .

  1. Hexagon Shape

Variasi yang diinginkan dari konfigurasi pesegi berongga karena secara dramatis meningkatkan mata kemata untuk kelompok – kelompok kecil dimana interaksi adalah factor terpenting.

  1. T–Shape

Sebuah pengaturan untuk kelompok – kelompok diskusi kecil dimana ketua atau moderator duduk di kepala.

  1. Banquet Style Round

Sering juga disebut dengan meja bundar / round table berukuran besar / medium biasanya digunakan untuk acaea makan sementara yang berukuran kecil idealnya hanya untuk meeting tidak untuk acara makan