De Ranch Lembang adalah tempat wisata unik di Bandung yang wajib Anda kunjungi saat liburan. Bertema wisata kuda ala cowboy, Anda bisa menjelajah lokasi ini dengan berkuda dan mengenakan atribut lengkap ala cowboy seperti baju, topi, sepatu cowboy dan lainnya. Anda bisa menjelajah lokasi peternakan kuda, sapi, padang rumput, perkebunan dan sekitarnya.

Selain mengusung konsep wisata kuda ala koboi, kawasan wisata ini juga mengangkat tema “Food, Leisure and Knowledge“. Karenanya, tak heran jika terdapat beragam wahana wisata lain yang juga tak kalah menyenangkan.

Sesuai konsep yang diusung, daya tarik utama tempat wisata ini adalah petualangan berkuda ala koboi. Anda bisa menikmati serunya menjelajahi setiap sudut kawasan peternakan dengan menaiki seekor kuda. Petualangan ini akan semakin berkesan dengan adanya atribut ala koboi, seperti topi, baju, dan sepatu yang bisa Anda kenakan. Bahkan, yang terbaru Anda juga bisa mengenakan kostum layaknya suku Indian Amerika.

Selain berwisata kuda ala koboi, Anda juga bisa menikmati beragam aktivitas permainan menarik yang sayang jika dilewatkan. Apalagi, permainan di sini tidak hanya ditujukan untuk orang dewasa, melainkan tersedia untuk semua kalangan usia. Mulai dari balita, anak-anak, hingga orang dewasa. Permainan seru yang bisa dinikmati di antaranya seperti, trekking dengan sepeda, bermain trampolin, naik delman, serta aktivitas memanah layaknya game Archery War.

Untuk anak-anak, tersedia permainan Tricker, Flying Fox, berburu emas (The Gold Hunter), Pony Kidz, Kidtrik, Kuda Ayun dan Peti Luncur. Tak hanya itu, disediakan pula wahana wisata air berupa kolam pancing, Fun Boat, Balon Air, Mancing balita, dan Kolam Indian Totem Web.

de-ranch-lembang

@kaszak96

Sejarah

Sebelum menjadi tempat wisata, kawasan ini merupakan area pemeliharaan kuda tunggangan serta area peternakan sapi perah. Karena kontur alamnya yang mendukung, pihak pengelola berinisiatif untuk mengembangkannya menjadi tempat wisata. Setelah melewati beberapa pertimbangan dan tanpa menghilangkan unsur asli peternakan, lahirlah sebuah konsep wisata kuda ala koboi yang diberi nama De Ranch.

Tercatat, objek wisata unik ini pertama kali dibuka untuk umum pada bulan Desember tahun 2007. Kini, telah terdapat kurang lebih 20 ekor kuda terbaik yang akan menjadi tunggangan Anda selama berada di area wisata ini.

Bagi Anda yang belum bisa berkuda pun, tak perlu khawatir karena telah disediakan pemandu yang akan mengontrol operasional wisata kuda.

Lokasi

Ketika berkunjung ke Bandung jangan lupa untuk mampir ke De Ranch Lembang. Tempat ini berada di Jalan Maribaya Nomor 17 Kayu Ambon, Kecamatan Lembang dan Kota Bandung Barat.

Kamu juga bisa memesan atau reservasi dan beberapa layanan lain dengan menghubungi beberapa kontak di bawah ini :

  • Telepon : (022) 278-5865
  • Fax : (022) 278-5842
  • WhastApp : 085720303040

Lokasinya memang tidak terlalu jauh dari kota Lembang, bahkan bisa terbilang dekat dengan berbagai tempat belanja kuliner makanan tahu Tauhid di Lembang.

Arahkan kendaraan menuju ke Maribaya, selanjutnya kamu akan menemukan tempat ini di sebelah kiri jalan jika kamu dari arah Lembang.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang ada di antaranya adalah :

1. Lahan Parkir

Lahan parkir yang disediakan tergolong luas, jadi kamu bisa menggunakan fasilitas ini untuk kendaraan pribadimu tanpa merasa khawatir akan keamanan dan daya tampungnya.

2. Mushola

Fasilitas mushola yang ada tergolong cukup bersih, jadi akan membuat kamu semakin nyaman ketika beribadah.

3. Toilet

Sama halnya dengan fasilitas lain, toilet yang ada juga terawat dan bersih Hanya saja ketika sedang ramai pengunjung maka kamu harus sabar ya.

4. Jalur Kursi Roda

Untuk menunjang para wisatawan disabilitas De Ranch juga menyediakan jalur khusus kursi roda tanpa biaya alias gratis.

berkuda di lembang

Harga Tiket dan Jam Operasional

De Ranch Lembang adalah wahana wisata yang terbilang murah meriah, kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak agar bisa berwisata di sini.

Bahkan tiket masuknya pun dapat di tukarkan dengan 1 cup susu sapi yang masih murni dari De Ranch varian rasa, berikut adalah sajian lengkap harga tiket Lembang :

  • Hari Senin-Jumat buka jam 09.00-17.00 WIB harga tiket masuk adalah Rp. 5.000 untuk susu sapi De Ranch
  • Sabtu dan Minggu buka dari jam 08.00-18.00 WIB harga tiket masuk Rp. 5.000 untuk susu Sapi De Ranch