Bunker Batujajar memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Bunker yang berada di Batujajar Kabupaten Bandung Barat ini menyajikan pemandangan sebuah tepian Waduk Saguling dan juga ilalang yang membuat tempat ini semakin cantik. Fungsi awal bungker ini merupakan tempat penyimpanan barang-barang milik TNI AD.

Literasi mengenai keberadaan bunker yang terkenal dengan sebutan Bungker Batujajar ini masih sedikit. Namun warga sekitar memprediksi bangunan ini sudah ada sejak zaman Belanda atau Jepang. Bunker Batujajar ini terletak di kawasan milik militer TNI AD yang kini difungsikan untuk latihan tembak tentara. Kawasan bungker ini juga sering digunakan oleh para TNI untuk latihan fisik dan menembak. Namun pemandangan yang ada menjadikan tempat ini memiliki nilai lebih. Pengunjung biasanya datang untuk sekedar berfoto atau pun menikmati sunset.

danau batujajar

Image credit: @ahmadsopung

Lokasi Bunker Batujajar

Letak bangunan ini berada di tepian Waduk Saguling yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Akses menuju Bunker ini cukup sulit lantaran harus menyusuri persawahan serta kondisi jalan yang berbatuan. Hamparan sawah serta jalanan yang masih menggunakan batuan kerikil akan menemani sepanjang perjalanan menuju ke sana. Rute yang diambil berjarak sekitar 6,4 kilometer dari Pasar Batujajar, dan diperkirakan akan menghabiskan waktu 30 menit dengan kendaraan, untuk bisa sampai ke sana.

wisata bunker batujajar

Image credit: @adiputramar_

Tiket Masuk dan Jam Buka Bungker Batujajar

Tempat ini belum dikelola secara resmi sebagai objek wisata. Pengunjung tidak dipungut biaya sepeser pun untuk mengunjungi tempat ini. Lalu tidak ada jam operasional untuk pengunjung yang ingin datang ke sini Meskipun begitu ketika para TNI tengah berlatih pengunjung disarankan untuk tidak berada di tempat tersebut.

sunset bunker batujajar

Image credit: @tukang.nyangu

Berburu Sunset

Lokasi ini sangat tepat bagi orang yang berburu sunset. Berada di tepi danau dan dikelilingi ilalang membuat daya pikat lokasi ini.

Tak hanya menikmati pemandangan yang ada pengunjung pun dapat berkeliling menyusuri Waduk Saguling menggunakan perahu para nelayan setempat. Para nelayan mematok harga Rp 15.000 untuk per orangnya. Pengunjung juga dapat menawar hingga mendapatkan kesepakatan harga.