5 Game Outbound Kerjasama Untuk Karyawan – Outbound memang salah satu kegiatan outdoor yang seru. Apalagi bila permainan outbound dilakukan bersama bareng temen ataupun keluarga. Pastinya game outbound kalian akan lebih fun dan menyenangkan.

Meski begitu permainan outbound sendiri sangat banyak dan bervariatif. Tergantung pada tujuannya, permainan outbound sendiri akan memberikan manfaat yang berbeda beda. Berikut 5 Game Outbound Kerjasama Untuk Karyawan yang bisa digunakan di event Gathering Kantor anda.

game human on ladder

1. Human on Ladder

Yang pertama adalah Ladder of Human atau tangga dari manusia. Permainan ini ditujukan untuk meningkatkan kerjasama dan kekompakan dalam tim.

Selain itu permainan ini sangat bermanfaat untuk melatih kelincahan fisik terutama kaki lho. Jadi gak hanya bisa melatih kekompakan tim tapi kalian juga bisa bersenang senang sambil olahraga.

Permainan ini dilakukan oleh kelompok atau tim. Satu timnya bisa berisi 7 sampai 9 orang ataupun selebihnya (berapapun asalkan ganjil).

Nggak hanya itu kalian juga membutuhkan beberapa batang kayu atau bambu untuk bisa memainkan permainan ini. Untuk batangnya sendiri tidak perlu panjang panjang,cukup 60-70 cm aja.

Selanjutnya kalian harus menunjuk satu orang sebagai Human. Nah untuk seorang human sendiri usahakan memilih yang lincah agar lebih mudah dalam melewati ladder.

Sekarang lanjut nih ke laddernya. Ladder sendiri bisa diartikan sebagai tangga. Tangga inilah yang merupakan inti dari permainan ini.

Jadi cara bermainnya sangat simple. Human yang telah ditunjuk harus melewati Ladder yang telah disusun oleh tim.

Jika Human tersebut jatuh maka harus mengulang dari awal lagi. Pemenang dari permainan ini adalah yang bisa melewati ladder sampai ujung tanpa terjatuh sekalipun.

2. Body Longer

Nah permainan selanjutnya adalah perpanjang badan atau dalam bahasa kecenya Body Longer. Permainan outbound yang satu ini sangat bagus dalam menguji kerjama sebuah tim dan meningkat kecerdasan individual.

Prinsip dari permainan ini sebenarnya sangat sederhana. Kalian hanya perlu memanjangkan sebuah tali yang telah disiapkan oleh panitia.

Disinilah kecerdikan individual dan kerjasama kelompok akan diuji dan diasah. Kalian harus berfikir bagaimana caranya memanjangkan sebuah tali pendek.

Dan yang membuat permainan ini semakin menantang adalah bahwa ada satu peraturan yang unik. Dengan peraturan ini kalian akan semakin sulit untuk memanjangkan tali tersebut.

Kalian tidak boleh memanjangkan tali tadi dengan barang barang disekitar kalian. Jadi kalian hanya boleh memanjangkannya dengan apa yang ada pada badan kalian.

Pemenangnya tentunya yang dapat memanjangkan tali tersebut sampai bentuk yang terpanjang dan terkuat. Dan sebelum itu panitia atau pemateri harus memeriksa kekuatan dari tiap sambungan tim juga.

game-pipa-bocor

3. Pipa Bocor

Permainan yang ketiga ada game pipa bocor. Mungkin sebagian dari kalian sudah familiar dengan game yang satu ini.

Yap, meskipun game ini terkesan antik dan old school gitu tapi sebenarnya game ini bagus loh. Apalagi kalau soal kerjasama tim, permainan ini tentunya sangat efektif.

Apalagi alat dan bahan yang dibutuhkan untuk permainan ini tidaklah terlalu rumit. Yang pasti pertama kalian butuh sebuah pipa yang telah dilubangi.

Pipanya sendiri tidak perlu panjang panjang. Cukup 50 cm sampai dengan 70 cm saja dan lebarnya sendiri bisa menggunakan pipa 1,5 dim atau 2 dim.

Lubangnya sendiri jangan terlalu besar cukup berdiaeter kira kira 5 cm saja. Untuk jumlahnya sendiri bervariasi tergantung timnya sendiri.

Semakin banyak jumlah timnya maka lubangnya juga semakin banyak. Peralatan lain yang dibutuhkan adalah ember yang telah diisi dengan air.

Selain itu ada peralatan lain yang harus dipersiapkan. Peralatan itu adalah 2 ember yang telah diisi dengan air. Jangan lupa juga gayung atau baskomnya di tiap ember.

Untuk cara bermainnya sendiri sangat mudah. Kalian hanya perlu memindahkan air di dalam ember ke ember yang satunya menggunakan pipa bocor tadi.

Panitia sendiri juga harus memberikan batas waktu permainan. Pemenangnya tentunya adalah tim yang bisa memindahkan air paling banyak.

4. Mencari Suara Hewan

Game outbound selanjutnya adalah game mencari suara. Game ini merupakan game outbound yang seru dan pas banget buat dijadikan game outbound kelompok.

Tujuan dari game ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dan kemampuan komunikasi dalam tim. Selain itu game ini juga sangat membantu dalam menciptakan suatu ikatan atau chemistry apabila tim tersebut masih baru terbentuk.

Prinsip dari permainan ini sendiri sangat simple. Pertama tama kalian harus memilih seseorang di dalam tim yang akan menjadi sumber suara hewan.

Pemain tersebut nantinya hanya boleh mengeluarkan suara hewan yang telah ditentukan oleh panitia sebelumnya. Suara tersebut bisa suara anjing,kucing, ayam dan sebagainya.

Para pemain yang telah terpilih menjadi sumber hewan akan disembunyikan dulu oleh panitia. Sementara itu pemain yang lain akan ditutup matanya sembari diputar putar badannya.

Pemain yang telah ditunjuk menjadi sumber suara hewan akan ditempatkan di sudut yang berbeda. Jadi sebaiknya permainan ini dilakukan di ground outbound atau lapangan yang cukup luas.

Sebelum permainan dimulai pemateri atau panitia akan memberitahukan suara apa yang harus dicari bagi tiap tiap tim. Setiap anggota dalam tim akan bergandengan tangan dan tugas mereka hanya satu, yaitu mencari anggota tim yang menjadi sumber suara hewan.

Jika ada pemain yang menggunakan kode lain selaun suara hewan atau memanggil nama kelompok maka timnya akan didiskualifikasi. Pemenang dari game ini adalah yang paling cepat bisa menemukan sumber suara anggota tim.

5. Scavenger Hunt

Permainan selanjutnya adalah scavenger hunt. Permainan ini sangat cocok untuk kegiatan team building terutama dalam pengembangan soft skill dan mental, baik untuk tiap individu ataupun kelompok.

Scavenger hunt sendiri memiliki banyak metode dan variasi. Meski begitu inti dari permainan ini sebenarnya sederhana. Yaitu pemain harus melewati tantangan dari pemateri.

Tantangan itulah yang memiliki banyak metode dan variasi. Setiap tantangan akan mempunyai makna dan tujuan sendiri.

Tujuan inilah yang nantinya harus dibungkus rapi. Untuk itulah pemateri outbound ataupun panitia sangat berperan penting dalam game ini.

Metode yang paling umum dan sering digunakan dalam game ini adalah metode penjelajahan. Dengan metode ini para peserta akan terasah baik mental, fisik, dan kecerdasannya.

Metode ini meliputi pembacaan denah yang melatih kecerdasan. Di dalam penjelajahan tantangannya sendiri bisa diberikan di beberapa spot atau pos tertentu.

Tantangan tersebut bisa merupakan tantangan yang fun tetapi tetap bisa melatih mental. Contohnya seperti berswafoto dengan orang orang di tempat itu atau mencari tanda tangan orang tertentu.

Tetapi dalam beberapa tujuan atau dalam beberapa organisasi seperti Himapala contohnya. Tantangan tersebut akan menekan mental sehingga tujuan dan makna yang terkandperaung akan tertanam lebih dalam di tiap tiap individu dan kelompok.

Untuk peraturannya bisa dibuat sebaik mungkin agar benar benar mengasah soft skill dan mental peserta seperti memakai identitas yang unik.

Uniknya di permainan ini, bisa diadakan pemenang dan juga bisa tidak. Bisa diadakan pemenang apabila ada penghargaan atau reward di akhir permainan dengan pemenangnya bisa yang terbanyak memiliki tantangan ataupun yang tercepat melewati tiap tantangan.

Jika tidak ada pemenang pun tidak apa apa. Karena memang inti dari permainan ini adalah mengasah mental dan softskill dari peserta itu sendiri.

Itulah 5 Game Outbound Kerjasama Untuk Karyawan. Semoga bermanfaat…