4 Hari 3 Malam Paket Peningkatan Capacity Building di Bali

Sebuah organisasi dapat berkembang dan dapat terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan organisasi, pembangunan kapasitas (capacity building) SDM menjadi hal yang mutlak harus berjalan dengan baik. Secara umum, capacity building dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) dari SDM.

Pembentukan dan pengembangan kapasitas merupakan suatu proses yang dilaksanakan pada tiga level/tingkatan, yaitu individu, kelompok dan institusi atau organisasi, dan bertujuan untuk menjamin kesinambungan organisasi melalui pencapaian tujuan dan sasaran organisasi yang bersangkutan.

Pada level individu, agar SDM mempunyai kapasitas yang terus berkembang, proses dapat dilakukan mulai dari seleksi, pemberian lingkungan kerja yang memadai, serta pelatihan yang berkesinambungan dalam aspek-aspek penting, seperti kemampuan berkomunikasi, motivasi diri, kemampuan problem solving, kreativitas, dan kepemimpinan.

MANFAAT PELATIHAN :

Meningkatkan keterampilan dalam “Menyelesaikan Masalah “(Problem Solving) dan “Pengambilan Keputusan” (Decision Making) secara cepat dan tepat didasarkan pada kecakapan dalam mengidentifikasi “Key Problem”,

Meningkatkan Kemampuan dalam “Kepemimpinan dan Pemberdayaan” (Situational Leadership & Empowerment) yang disesuaikan dengan situasi,

Menjadi “Agen Perubahan” (Change Agent) yang efektif dan efisien di lingkungan unit kerja masing-masing, Memiliki Kepekaan dalam “Kewirausahaan” (Entrepreneurship).

Para ahli mengatakan, capacity building sebagai suatu proses yang dapat meningkatkan kemampuan seseorang, suatu organisasi atau suatu sistem untuk mencapai tujuan-tujuan yang dicita-citakan, Brown (2001:25), capacity building sebagai suatu proses untuk melakukan sesuatu, atau serangkaian gerakan, perubahan multilevel.

Tour Bali

Bentuk dari kegiatan Capacity Building adalah kegiatan yang diadakan di alam terbuka (outbond) yang mana di dalam acara tersebut para peserta akan dilatih fisik, mental dan disiplin untuk dapat mengahadapi berbagai rintangan dan dilatih untuk mencari solusinya serta dilatih agar bisa bekerjasama dengan team (team work).

Definisi kapasitas menurut Hilton, Maher dan Selto (2003) adalah kapasitas merupakan ukuran dari kemampuan proses produksi dalam mengubah sumber daya yang dimiliki menjadi suatu produk atau jasa yang akan digunakan oleh konsumen.

Tujuan dari capacity building bagi organisasi adalah untuk menjamin kesinambungan organisasi melalui pencapaian tujuan dan sasaran organisasi yang bersangkutan. Capacity building yang memberdayakan diri berada pada proses peningkatan kemampuan secara individu.

Outbound Bali

Tag : Peningkatan Capacity Building Bali, Peningkatan Capcity Building

 

CP : 081219876470