3 Games Outbound Meningkatkan Kinerja TimKegiatan outbound berguna untuk lebih mengenal dan membangun kepercayaan antar individu dalam satu tim. Unsur kerjasama tim yang ditonjolkan dalam kegiatan outbound bisa membuat kemampuan kepemimpinan (leadership) – salah satunya – anda bertambah tanpa anda sadari.

Sebagai seorang pemimpin, anda bisa berinsiatif mangadakan outbound kecil-kecilan bersama tim anda. Anda bisa menggelarnya di berbagai macam tempat seperti, taman bermain, kawasan wisata alam atau bahkan di ruang meeting kantor anda. Tidak harus di luar jam kerja (weekend), anda juga bisa menyisipkan kegiatan tersebut di hari kerja, seperti di sesi pembuka atau sesi istirahat (breakmeeting.

Tertarik mencobanya dengan tim anda? Jangan lupa juga untuk mengetahui permainan apa saja yang ingin dimainkan bersama tim anda. Pastikan permainan yang anda mainkan memuat pesan moral yang nantinya bisa meningkatkan kualitas individu tim anda. Berikut 3 Games Outbound Meningkatkan Kinerja Tim dan pastinya bernilai untuk tim anda:

  1. All Aboard (Semua Di Atas Kapal)

games all-aboard

Bagaimana memasukkan belasan orang kedalam suatu kotak yang ukurannya mungkin tidak lebih dari 50×50 cm? Pasti akan sangat berdesakan. Namun disitulah letak keseruannya. Anda bisa membuat kelompok dengan anggota 7-10 orang. Selanjutnya, anda membuat suatu “kapal” yang bisa terbuat dari papan kayu atau anda bisa menandainya di lantai dengan lakban. Pastikan bahwa tiap kelompok dapat memasukkan tiap anggotanya kedalam “kapal” tersebut dengan menginjak ke dalam areanya dan tidak boleh menyentuh area selain “kapal”. Pemenangnya adalah kelompok yang paling lama bertahan di dalam “kapal” dengan area yang semakin mengecil.

Nilai Moral: Mendorong komunikasi, pemecahan masalah (problem solving), dan berpikir kritis.

  1. The Human Knot (Kaitan Manusia)

the human knot games

Inti permainan ini adalah bagaimana mengurai kaitan tangan-tangan manusia yang semrawut menjadi melingkar dan tanpa ada gandengan tangan yang terlepas. Permainan ini bisa diikuti oleh 8-20 orang. Tiap individu diharuskan berdiri melingkar dalam kelompoknya dan memegang tangan rekannya yang berdiri diseberangnya. Memegang tangan rekan pun juga tidak boleh sembarangan. Tangan kanan peserta harus memegang tangan kanan rekannya yang ada di seberangnya dan tangan kirinya harus memegang tangan rekannya yang lain (kecuali rekan yang di samping dan seberangnya). Pemenang permainan ini tentunya adalah kelompok yang paling cepat mengurai kaitan tangan.Sekilas terlihat ribet, namun jika anda memainkannya bersama tim akan terasa sangat menyenangkan.

Nilai moral: Komunikasi dan pemecahan masalah (problem solving).

  1. Round Tables (Meja-Meja Bundar)

Melakukan tugas yang berbeda di tiap meja yang berbeda pula. Permainan ini membutuhkan ketangkasan pemimpin dan tim dalam menyelesaikan misi dengan beberapa tahapan. Anda bisa menggunakan empat meja bundar untuk tiap tim. Peserta diminta untuk menyelesaikan tugas yang berbeda-beda pada tiap meja. Seorang pemimpin yang dipilih pada tiap tim hanya bisa berkomunikasi dan memberikan tugas kepada anggota timnya saja. Pemenang permainan ini adalah tim yang paling cepat menyelesaikan rangkaian tugas yang diberikan.

Nilai moral: Kepemimpinan (leadership) dan kemampuan mendelegasikan tugas.

Begitu banyak pilihan games yang bisa anda mainkan bersama tim anda. Jadi, sudah siapkah bermain dengan tim anda?