Disebut sebagai pusat mode, tak heran jika Bandung pun berjuluk Paris van Java. Menyandang predikat sebagai Kota Kembang, Bandung nyatanya juga dianugrahi dengan keindahan alam yang menakjubkan. Banyak destinasi wisata yang menarik dan bikin betah pengunjungnya. Satu lagi, Bandung pun kondang sebagai gudangnya wisata kuliner. King Adventure pun kali ini bakal mengupas 20 makanan paling enak di Bandung.

Baca juga: Surabi Bandung

Peuyeum

Peuyeum mirip tape ketela sebagaimana banyak dijumpai di banyak daerah lain di Indonesia. Hanya saja, peuyeum memiliki bentuk yang besar (utuh tanpa dipotong). Biasanya peuyeum dijual digantung menggunakan tali. Harganya sangat murah meriah, sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh saat Anda bertandang ke Bandung.

Colenak

Colenak adalah peuyeum yang dibakar kemudian dicocol gula merah yang sudah dilelehkan. Sebagai pelengkap ada taburan parutan kelapa di atasnya. Rasanya enak dengan perpaduan asam dan manis juga gurih.

Tahu Susu Lembang

Seperti namanya, tahu susu ini berasal dari Lembang, Bandung. Dibandingkan kebanyakan tahu dari daerah lain di Indonesia, tahu susu Lembang dikenal lebih lembut dan kenyal. Tahu susu Lembang banyak dijual di pinggir-pinggir jalan bahkan kedai atau resto khusus. Anda dapat membeli di mana saja sesuai selera.

Bolu Bakar

Seperti namanya, bolu ini diolah dengan cara dibakar. Terdapat banyak bolu bakar di area Bandung, tetapi salah satu yang paling terkenal adalah Bolu Bakar Tunggal. Rasanya beragam mulai dari rasa cokelat, keju, kopi, wijen, nanas, kacang, stoberi, kelapa susu, roombutte, juga bolu bakar rasa tuna, tuna pedas, hingga keju spesial tuna pedas.

Kue Sus

Bandung juga memiliki oleh-oleh lain yang legendaris, yaitu Kue Sus. Jika Anda ingin merasakan kue sus dengan cita rasa otentik, datanglah ke toko kue Soes Merdeka Badranaya. Toko ini sudah sangat lama berdiri, karena awalnya mulai dikelola oleh oleh orang Belanda bernama Meneer Van Grafhorst pada 1918. Usai zaman kemerdekaan, tepatnya tahun 1969, toko kue ini berubah nama dan diteruskan oleh para karyawan toko  lama. Diantara varian kue sus yang banyak dicari adalah kue sus dengan isian berwarna putih susu dipadu dengan rum yang harum. Di toko kue yang beralamat di Jalan Merdeka No 27 ini, juga terdapat beragam pastry, sosis, olahan daging dan sus tanpa rum. Anda bisa memilih sesuai selera.

Cireng

Jajanan yang satu ini sangat terkenal bahkan hingga luar kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya. Cireng adalah aci yang digoreng dipadu dengan beberapa bumbu, sehingga rasanya bikin nagih. Anda bisa dengan mudah menemukan penjual cireng di Bandung dengan harga yang murah meriah, mulai beberapa ribu rupiah saja.

Batagor

Tak kalah enak dari cireng adalah batagor yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Makanan ini diguyur sambal kacang dan biasanya disajikan dengan taburan irisan mentimun. Rasanya gurih dan cukup untuk mengganjal perut. Awalnya batagor hanya bisa dikonsumsi dadakan, tetapi kini telah ada batagor beku yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Surabi

Jika Solo punya Serabi, Bandung punya Surabi. Makanan ini berbahan dasar tepung dengan campuran santan, sehingga memiliki cita rasa gurih.; Terdapat banyak warung penjual surabi yang enak di Bandung, tetapi satu yang paling kondang adalah Surabi Enhaii Bandung.

Basreng

Nah, kalau Anda menyukai makanan pedas, jangan lupa mencicipi basreng. Makanan ringan ini renyah dan gurih, sehingga membuat banyak orang menyukainya, terlebih dipadu rasa pedasnya yang bikin tidak ingin berhenti ngunyah. Camilan ini cukup awet, sehingga cocok pula dijadikan oleh-oleh.

Baca juga: Outbound Bogor

Tempe Gila

Malang boleh jadi ‘gudangnya’ keripik tempe, tetapi Bandung juga tak kalah hits dengan kulinernya yang bernama Tempe Gila. Disebut demikian, karena Tempe Gila tak lain adalah keripik tempe dengan rasa pedas yang sangat dominan. Terdapat berbagai level pedas yang bisa Anda coba sesuai dengan selera.

Pisang Bollen

Jika rasa pedas tak cocok untuk lidah Anda, ‘cari aman’, lebih baik menggigit pisang bollen yang jelas legit dan gurih. Ya, pisang bollen adalah makanan khas Bandung lainnya yang cukup digemari. Pisang Bollen Kartika adalah yang paling terkenal dan sudah ada sejak 1970. Varian rasa pisang bollen pun beragam, mulai dari keju, cokelat, hingga durian.

Bandros

Ada pula Bandros yang merupakan kue tradisional Bandung. Dibuat dari tepung beras dan santan, kue ini memiliki rasa gurih, mirip kue pukis. Hanya saja, ada taburan gula pasir di atas kue ini untuk memberi cita rasa manis. Belakangan kue Bandros mulai tersedia dalam beragam rasa, seperti green tea, keju hingga cokelat.

Wajit

Satu lagi makanan bercita rasa manis dari Bandung adalah Wajit. Di daerah lain mungkin mengenalnaya wajik atau bajik. Bahan dasar wajit adalah beras ketan yang dipadu dengan gula aren, kelapa dan vanili. Makanan ini cocok dijadikan oleh-oleh, karena cukup tahan lama.

Mie Kocok

Berikutnya, ada mie kocok yang bisa menjadi santapan pengisi perut lapar. Makanan berkuah satu ini terdiri dari mie gepeng berwarna kuning yang dilengkapi dengan berbagai isian, mulai dari kikil, sum sum, daun seledri dan bawang goreng sebagai perasa gurih.

Seblak

Tentu, Anda sudah taka sing lagi bukan dengan Seblak?! Ya, makanan ini dalam beberapa tahun belakangan semakin hits, bahkan hingga ke luar Bandung. Seblak sendiri adalah makanan berkuah berisi kerupuk basah, sayur, daging juga telur dengan bumbu kencur dan cabai yang begitu lekat.

Nasi Tutug Oncom

Seperti namanya, nasi ini menggunakan campuran oncom yang ditumbuk. Nasi tutug oncom disajikan bersama dengan ayam goreng, tahu dan juga tempe goreng. Jangan tanya soal rasa, jelas nikmat sekali! Anda bisa menemukan makanan ini dengan mudah di Bandung dengan harga yang cukup ramah di kantong.

Nasi Timbel

Kerap pula disebut sebagai nasi tersembunyi, karena nasinya terbungkus daun pisang. Biasanya nasi ini disajikan bersama ikan, tahu, tempe, juga lalapan dan sambal. Ada banyak penjual nasi timbel di Bandung, tetapi jika ingin merasakan nasi timbel yang otentik, datanglah ke Nasi Timbel Bawean yang sudah ada sejak 1985. Lokasinya adi Jalan Bawean Pav. 3, Merdeka, Sumur, Bandung.

Ulukutek Leunca

Makanan ini Sunda banget berkat perpaduan oncom dan leunca yang memang menjadi favorit masyarakat Sunda. Cira rasa makanan ini bisa dibilang komplet, karena selain ada rasa gurih dan pedasnya, juga ada rasa sedikit pahit. Anda bisa dengan mudah menemukan penjual Ulukutek Leunca di Bandung, karena ini bukan makanan langka.

Lotek

Penyuka sayuran, wajib banget mencoba lotek asli Bandung. Isiannya berupa sayur-sayuran direbus, seperti kangkung, tauge, kacang panjang atau buncis yang disiram saos kacang. Taburan kerupuk di atasnya membuat lotek semakin enak disantap. Isian ketupat atau lontong di dalam lotek membuat makanan ini cukup untuk mengganjal perut.

Karedok

Mirip dengan lotek, karedok sebenarnya juga berisi sayuran yang disiram denan bumbu kacang pedas. Karedok tak mengandung karbohidrat di dalamnya, sehingga menu ini lebih cocok dijadikan menu diet (daripada lotek yang di dalamnya terdapat unsur karbohidtrat dari lontong atau ketupat).

Demikian 20 makanan paling enak dan populer di Bandung yang wajib dicoba saat Anda bertandang ke kota ini/. Hayo.. kuline mana kira-kira yang sudah bikin Anda ngiler? (y)

Tag: 20 Makanan Paling Enak di Bandung

Baca juga: Outbound Bandung

Order : 081219876470