Wisata Offroad Sukawana Lembang, Menantang Sekaligus Mengasyikkan

Bagi penggemar wisata offroad, kawasan Sukawana Lembang bisa menjadi alternatif untuk beruji nyali. Pasalnya, selain menantang, kawasan tersebut juga sangat mengasyikan. Kondisi geografis Sukawana yang berada tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu dan berselimutkan perkebunan teh serta hutan pinus Cikole, membuat pemandangan sepanjang jalur offroad memesona. Tak heran, meski landrover tidak henti-hentinya terguncang karena harus melewati medan yang terjal, berlumpur, berbatu serta menyusuri tebing-tebing, wisatawan dipastikan tidak akan merasa takut dan tersiksa. Sebaliknya, mereka justru senang dan terkesan.

Rute Offroad Sukawana Lembang

Sesuatu yang menarik dari wisata adventure mengendarai landrover di kawasan Sukawana adalah beragamnya jalur yang dapat dilalui. Tidak hanya mereka yang sudah terbiasa beraktivitas offroad saja yang bisa mengikuti aktivitas ini, tetapi juga anak-anak,–tergantung dari seberapa ekstrim rute yang harus diterjang.

Terdapat 3 rute offroad di kawasan Sukawana yang dapat dipilih oleh wisatawan, yaitu Long Trip Extreme, Medium Trek dan Soft Trek. Ketiga nama dari rute tersebut mengacu pada tingkat kesulitan dari medan yang harus ditempuh.

Long Trip Extreme  

Rute dengan tingkat kesulitan paling tinggi terbentang di sepanjang perkebunan teh Sukawana hingga Cikole atau sebaliknya. Jalur ini masuk kategori ekstrim karena sejumlah jalan yang dilalui memiliki tingkat kesulitan tinggi. Sehingga tidak hanya butuh ketrampilan mengemudi tapi juga harus bernyali lebih.

Jika wisatawan berangkat dari Sukawana, jalur pertama yang dilewati adalah hijaunya perkebunan teh yang menyejukkan mata serta udara yang segar. Selanjutnya jalan berbatu menjadi awal memasuki medan yang sulit.

Betapa tidak, usai melintasi jalan berbatu, landrover harus melewati tebing tanah sempit yang membuat body mobil sesekali menempel pada tebing tersebut. Karena itu, penumpang dilarang mengeluarkan anggota badan, sehingga untuk mengatasikerasnya guncangan mereka harus berpegangan pada interior mobil yang berbahan besi.

Guncangan keras saat melewati jalur ini memang tidak dapat  dihindarkan, karena selain medan yang brutal juga tingkat kemiringan jalan yang mencapai 30 derajat sebelum akhirnya tiba di kawasan hutan pinus Cikole.

Kali ini yang menyambut jalur berlumpur yang membuat mobil tidak jarang mengalami kesulitan untuk berjalan sehingga para penumpangnya harus rela turun dan mendorong.

Medan berikutnya adalah jalan yang dinamakan ‘jalur air keabadian’ karena jalan ini tidak ubahnya seperti sungai yang selalu terendam air baik pada musim hujan maupun kemarau. Terakhir adalah jalan terjal super ekstrim dan paling sulit untuk dilalui yang dinamakan ‘jalur pengampunan dosa’. Setelah itu, barulah melewati jalan raya berlapis aspal.

Medium Trek

Rute yang menuju ke Puncak Gunung Putri ini  dinamakan Medium Trek karena dapat diikuti oleh anak-anak atau mereka yang sudah lanjut usia. Diawali dari pintu masuk Cikole berlanjut ke jalan berbatu yang menuju area hutan pinus.

Perjalanan berlanjut ke jalan berlumpur sebelum akhirnya melewati jalan menanjak yang menuju Puncak Gunung Putri. Bagi penggemar wisata adventure, melewati jalur akan terasa menyenangkan pada saat musim hujan. Karena ketika itu jalan menjadi sangat licin dan semakin sulit ditaklukkan.

Soft Trek

Bagi wisatawan yang membawa anak kecil atau bayi sekalipun dapat melakukan aktivitas offroad dengan memilih rute Soft Trek. Jalur yang paling mudah ini akan melewati hamparan kebun teh dan langsung menuju ke lokasi air terjun.

Meski hanya melewati jalur soft, wisatawan tetap akan dapat merasakan sensasi bertualang karena di sepanjang jalan yang dilalui tersuguh pemandangan alam yang menawan.

Demikian aktivitas wisata offroad di Sukawana Lembang yang dapat menguras adrenalin sekaligus menyuguhkan sensasi yang sulit untuk dilupakan. (*)

Tag: wisata offroad, Sukawana, Lembang, medan ekstrim, Gunung Tangkuban Perahu, Perkebunan teh hutan pinus Cikole, landrover, puncak Gunung Putri, wisata adventure.

TEMPAT WISATA OUTBOUND DI BANDUNG TERPOPULER

CP : 081219876470

2019-11-21T03:16:09+00:00
Chat via Whatsapp