Tempat tempat Wisata Menarik di Garut

Tempat tempat Wisata Menarik di Garut

Selain kondang dengan dodolnya, Garut nyatanya juga memiliki deretan tempat tempat wisata menarik di Garut alam nan eksotis. Kini saatnya King Adventure akan mengajak Anda menjelajah tempat-tempat wisata menarik di Garut.

Kawah Telaga Bodas

Kawah Putih memang sudah terkenal, tetapi bagaimana dengan Kawah Telaga Bodas, sudahkah Anda coba mengunjunginya? Jika belum, rasanya Anda perlu mencoba melakangkah kaki di tempat ini. Lokasinya ada di Desa Sukamenak, kawasan Wanaraja, Garut atau sekitar 25 kilometer saja dari pusat kota Garut. Kawah Telaga Bodas sebenarnya bukan objek wisata anyar. Keindahannya bahkan sudah dikenal sejak zaman Kolonial Hindia Belanda.

Kabarnya, dulu di dekat kawah terdapat perkampungan bernama Kampung Papandak. Margarethe Mathilde Weissenborn, seorang fotografer Belanda keturunan Jerman yang lahir di Kediri disebut-sebut pernah mengabadikan keindahan Kawah Telaga Bodas dalam sebuah kartu pos pada tahun 1932. Ketenarannya memang tersiar di mana-mana bahkan tempat ini menjadi tujuan wisata orang-orang Eropa. Demikian masyur tempat ini, sampai-sampai Gubernur Jenderal Hindia Belanda kala itu menetapkan Kawah Telaga Bodas sebagai destinasi wisata sejak 4 Februari 1924. Popularitas tempat ini akhirnya menurun menyusul terbakarnya Kampung Papandak pada 1935.  Kemudian, memasuki era kemerdekaan, tempat wisata satu ini pun mulai ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam (TWA) sejak 1978 silam dan dikelola oleh pihak BKSDA Jawa Barat II.

Hingga kini, Kawah Telaga Bodas termasuk masih aktif, tetapi tidak berbahaya dan dinyatakan aman untuk dikunjungi. Air kawahnya pun dapat digunakan untuk berendam dan konon bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati saat berada di sekitar kawah. Selain berendam di airnya, bertandang ke tempat ini, Anda akan disambut dengan udara segar berpadu dengan keindahan kawah yang begitu khas.

Kawah Kamojang

 

Kawah lain yang tak kalah menakjubkan di Garut adalah Kawah Mojang. Lokasinya berada di kawasan PT Indonesia Power dan PT Pertamina Geotermal Energy. Secara admisnistratif kawah ini masuk Kabupaten Bandung, tetapi masyarakat lebih mengenalnay dengan sebutan Kawah Kamojang Garut—karena letaknya yang memang berada di perbatasan dua kabupaten tersebut.

Mengunjungi tempat ini, Anda akan disugugi pemandangan alam nan asri berpadu dengan udara yang segar. Meski demikian, tak dipungkiri jika aroma belerang menyerbak sebagai ciri khas kawasan kawah. Di kawasan Kawah Kamojang sendiri sebenarnya ada banyak kawah yang bisa dikunjungi, seperti Kawah Manuk, Kawah Berecek, Kawah Kereta Api dan Kawah Hujan. Masing-masing kawah memiliki keunikan. Kawah Manuk (burung) misalnya, kerap dilintasi burung, sedangkan Kawah Berecek lebih berupa seperti danau yang mengering dan terbakar oleh uap.

Lalu, ada Kawah Kereta Api—yang menyemburkan suara seperti kereta api dari sebuah pipa besi. Kawah ini pun berbahaya, sehingga dipagari besi. Nah, lain halnya dengan Kawah Hujan yang mengeluarkan uap panas dan cipratan air yang diyakini bermanfaat untuk terapi kesehatan.

Wisata Puncak Darajat

Satu lagi tempat wisata menarik di Garut adalah Puncak Darajat. Untuk diketahui Darajat adalah nama kawasan wisata, sedangkan Puncak Darajat adalah nama dari kolam renang serta pemandian air panas yang ada di kawasan tersebut. Kawasan Darajat sendiri merupakan salah satu lokasi pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di Jawa Barat. Dikelola oleh salah satu anak perusahaan Chevron Texaco, Amoseas Indonesia Inc, hasil listrik dari lokasi pembangkit listrik ini mampu menyuplai energi listrik untuk kawasan Jawa hingga Bali

Tak sekedar menjadi sumber energy, sumber air panas alami itu juga menjadi daya tarik wisata. Kolam renang air panas alami yang ada di kawasan ini pun menjadi favorit banyak pelancong. Berendam di kolam ini memberikan suasana yang berbeda, yaitu berada di alam terbuka dan di ketinggian dipadu dengan panorama perbukitan yang menakjubkan.

Kampung Sampireun

Jika Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di Garut, singgah di Kampung Sampireun bisa menjadi pilihan. Nama yang baru saja disebut bukan nama kampung yang sesungguhnya, tetapi merupakan sebuah penginapan. Berlokasi di Jl. Raya Samarang Kamojang Sukakarya Samarang Garut Jawa Barat, Sukakarya, Kec. Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kampung Sampireun hadir sebagai penginapan dengan konsep bungalo beratap jerami. Nuansa tradisional begitu kental terasa. Suasana syahdu kian tercipta berkat panorama pegunungan dan hutan di sekitarnya.

Sampireun sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang berarti ‘tempat untuk singgah’. Tema yang diusung oleh resort ini adalah ‘Gairah Taman Tropis’. Hal ini pun diwujudkan dengan deretan pohon pinus dan tanaman yang diatur dengan apik. Kesan tradisional kian tercermin dengan kebun bambu yang asri. Gesekan pohon-pohon bambu nan menjulang itu saat terkena angin membuat irama alam yang menenangkan, cocok sekali untuk merefresh pikiran yang penat.

Selain memiliki arsitektur bangunan bercorak etnik tradisional serta pemandangan alam yang mengagumkan, penginapan ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas modern. Sebut saja seperti Wi-Fi gratis, layanan binatu, juga kolam renang luar.

Demikian beberapa tempat-tempat wisata menarik yang ada di Garut. Jangan lupa mampir saat ke kota dodol ya! King Adventure selalu siap menemani Anda menjelajah kota Garut khususnya dan Tanah Pasundan pada umumnya. Selamat bersenang-senang! (y)

Tag: Tempat-tempat Wisata Menarik di Garut, Kawah Telaga Bodas, Kawah Kamojang, Wisata Puncak Darajat, dodol Garut, tempat wisata di Garut, King Adventure, Tanah Pasundan

Outbound Garut  : 081219876470

2020-04-16T10:27:12+00:00
Chat via Whatsapp