Ranca Upas Ciwidey 2017-07-18T07:50:55+00:00

RANCA UPAS CIWIDEY

Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey adalah tempat wisata terakhir yang kami kunjungi selagi berada di daerah Ciwidey, kawasan Bandung Selatan. Sebenarnya kami sempat mampir sebentar ke Kampung Strawberry, masih di daerah Ciwidey, setelah meninggalkan Bumi Perkemahan Ranca Upas, namun tidak sampai masuk ke dalam areanya.

Kunjungan ke Bumi Perkemahan Ranca Upas ini agak terlalu singkat, sehingga tidak cukup untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Stamina, kejelian dan tingkat “kelaparan” memotret memang akan cenderung menurun jika mengunjungi beberapa tempat sekaligus dalam sehari. Adanya teman jalan yang saling menyemangati bisa sangat membantu.

Di dalam area ini ada juga penangkaran rusa. Pertumbuhan penduduk yang luar biasa di Pulau Jawa memang banyak mendatangkan masalah bagi segala jenis hewan yang pernah hidup di pulau yang sangat subur ini. Sehingga tempat penangkaran semacam ini menjadi salah satu harapan agar hewan terhindar dari kepunahanan.

Tengara Bumi Perkemahan Ranca Upas dan Penangkaran Rusa yang dikelola oleh Perhutani. Rusa yang ditangkar di tempat ini adalah jenis Rusa Jawa yang dilindungi. Sesaat kemudian kami melewati salah satu area perkemahan yang jaraknya 500 m dari tepi jalan Ciwidey, dimana sekelompok ibu-ibu tengah menyelenggarakan acara bersama.

Inilah pemandangan yang kami lihat di salah satu area perkemahan di kawasan Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey yang jaraknya hanya sekitar 500 m dari tepi jalan utama di Ciwidey, dimana sekelompok ibu-ibu tengah menyelenggarakan sebuah acara.

Bagaimana menuju ke Ranca Upas Ciwidey ?

Kendaraan pribadi dari Jakarta lewat tol Cipularang keluar Kopo. Lanjut Jl. Terusan Kopo – Soreang, lalu belok ke kanan ke Jl. Raya Soreang – Ciwidey.

CUC 4

CUC 11

CUC 19

CUC 2

CUC 15

CUC 5

BOOKED : ADITYA 081219876470