Puncak Bintang Bandung Tempat Wisata Paling Indah

Puncak Bintang Bandung Tempat Wisata Paling Indah

Puncak Bintang Bandung merupakan tempat wisata di Bandung yang relatif terbilang baru. Lokasinya berada di puncak bukit, tidak jauh dari warung daweung atau moko yang sudah lebih dulu dikenal para traveller. Karena itu pula tempat ini sering disebut juga puncak bintang moko atau puncak bintang bukit moko.

 

Tempat wisata ini dibuka secara resmi pada tanggal 23 September 2014 oleh kepala perhutani Divreg Jabar dan Banten. Tempat inipun bersalin rupa dari tadinya hutan pinus sadapan, menjadi hutan dan area wisata Puncak Bintang.

Terletak di ketinggian 1442 meter diatas permukaan laut, daerah ini terbilang dingin dan sering juga dilingkupi oleh kabut.

Sekarang, tempat wisata ini semakin keren lho! Sarana parkir lebih teratur, jalan masuk yang tadinya jalan batu sudah bagus, jalan buat berkeliling lokasi juga sudah bagus. Selain itu ada tambahan view dek baru; dermaga bintang, keren lho!

Kebetulan akhir tahun ini berkunjung lagi kesini, jadi info di artikel ini sudah di update dengan foto dan info terbaru ya..

 Baca juga: daftar tempat wisata di Dago

Tempat Wisata di Lokasi

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa rekan-rekan nikmati ataupun dilakukan di area seputar kompleks wisata puncak bintang;

Jalan-Jalan Di Hutan Pinus

Di area Puncak Bintang Bandung, rekan-rekan bisa menikmati area hutan pinus yang terbilang bersih dan cukup tertata, menikmati panorama Bandung tepat dari titik tertinggi bukit moko, dan juga camping dengan fasilitas yang cukup baik.

Selain itu, kita pun bisa menikmati keindahan area patahan lembang dengan hiking menembus hutan pinus kurang lebih 2 KM, kurang lebih 30 menit berjalan kaki.

Hutan pinus di sini cocok dinikmati dipagi atau sore hari. Lumayan bersih dan tertata juga lho hutannya. Saat matahari pagi atau sore menembus sela-sela pohon pinus, efek cahaya yang muncul indah banget. “Lantai” tanah seputar hutan juga tertutup dengan jatuhan daun-daun pinus yang cukup tebal..sehingga terkesan alami banget.

Kalau suka fotografi ataupun sekedar selfie cantik buat ke sosmed, lokasi ini recommended deh.

Baca juga: Segarnya Kebun Teh Sukawana Di Lembang

Menikmati Sunset Dan Landscape Bandung Yang Indah

Karena ketinggiannya, tempat ini cocok sekali untuk menikmati sunset. Pemandangan sunset dari tempat ini indah sekali lho ..

puncak bintang bandung - sunset

Sayangnya, kita tidak bisa menikmati sunrise dari sini karena terhalang oleh bukit. Efek sunset disini indah sekali; silhuet tepi hutan pinus ditambah dengan lampu kota Bandung yang mulai terlihat menambah efek pesona sunset disini.

Sebelumnya mungkin rekan-rekan sudah mendengar/mengunjungi warung daweung atau moko dengan pemandangan Bandung dari ketinggian. Nah puncak bintang terletak lebih tinggi lagi dan tidak jauh dari moko, hanya kurang lebih 200 meter saja dari sana. Sejauh ini menurut saya lebih direkomendasikan jika dibandingkan dengan moko/daweung.

Tidak hanya sunset, karena letaknya yang ada diketinggian, cocok banget buat menikmati pemandangan wilayah Bandung. Pandangan kita bisa lepas dari ujung ke ujung lho.

Simak juga; review Floating Market Bandung

puncak bintang bandung - bandung city light

Jika rekan-rekan ingin sekalian ke warung daweung atau moko, harus membayar Rp 10.000 jika hanya ingin berfoto saja. Kebetulan saat kesini kami tidak masuk ke warung daweung, lebih memilih ke warung makan dan kopi baru dipinggirnya..lebih murah

Berburu foto sunset banyak dilakuan di puncak bukit, dari gerbang masuk langsung naik ke sebelah kiri.

Baca juga: daftar tempat wisata di Lembang lengkap

Dermaga Bintang

Dermaga Bintang di Puncak Bintang Bandung, salah satu sarana terbaru yang memanjakan pengunjung buat menikmati pemandangan disini.

Dermaga Bintang di puncak bintang bandung
Aa sama teteh punten ke foto yah :3
dermaga bintang bandung
dermaga bintang, dari dek atas

Dermaga Bintang berupa dek yang cukup masif, besar banget. Cukup tinggi juga, dari atas kita sejajar dengan pucuk pohon-pohon pinus. Sarana yang satu ini belum begitu lama di bangun, keren lho.

Camping Di Puncak Bintang

Di seputar wilayah puncak bintang juga disediakan camping ground yang bisa rekan-rekan gunakan buat sekedar camping bersama teman/keluarga.

Update:

Untuk camping di Puncak Bintang, dipatok harga sebesar Rp 20.000/ orang. Parkir kendaraan bisa di parkiran warung daweung. Tarif parkir camping Rp 15.000 untuk motor, mobil kurang tahu. Ngga ada sistem booking tempat disini ya, jadi langsung dateng – daftar – dan bayar.

Mau camping tahun baru disini? bisa. Tapi harus datang dari pagi sebelum malam tahun baru, biar dapat tempat. Pada tahun baru 2016 kemarin, jumlah pengunjung yang camping kurang lebih 1500 orang. Kebayang kan crowdednya gimana? Diperkirakan tahun baru 2017 ini bakal bertambah.

Sejauh ini tidak ada penyewaan alat camping. Jadi disarankan buat bawa alat sendiri ya. Sebetulnya ada sih, tapi cuma beberapa biji dan bentuknya tenda pramuka.

Berburu Sunrise Di Patahan Lembang

Mau berburu sunrise? bisa juga, tapi harus berjalan kaki kurang lebih 30 menit dari gerbang masuk. Nanti kita akan muncul langsung di patahan Lembang. Viewnya keren juga lho..

Lihat review wisata Ke Situ Patenggang Bandung

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia saat terakhir kami berkunjung antara lain mushalla, toilet, tempat istirahat, track hiking, dan juga area kemping dengan fasilitas toilet yang siap digunakan.

Rekan-rekan bisa parkir di area parkir bawah ataupun di dekat warung daweung/moko. Selain itu juga sekarang sudah ada beberapa warung lesehan untuk istirahat dan makan, tidak hanya warung daweung/moko saja.

Sebagai catatan, sejauh ini tidak ada warung atau tempat makan di dalam area. Jadi kalau mau ngemil atau minum di lokasi bawa sendiri ya.

Jalan buat mengelilingi loaksi juga sudah tersedia dan bagus, dilengkapi dengan lampu penerangan yang cukup banyak.

Kekurangannya ; tempat sampah kurang banyak. Bagusnya sih tempat sampah tersedia cukup banyak ya, biarpun sederhana tapi ada tempat sampah yg tersebar rata. Semoga pengelola bisa memperbaiki hal ini nanti.

Baca juga: info wisata Curug di Bandung

Hotel Dan Penginapan

Sejauh ini di sekitar Puncak Bintang tidak terdapat hotel ataupun penginapan. Tapi karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, anda bisa menginap disana saja.

Bisa juga anda cek beberapa hotel dan penginapan yang ada disekitar Cicaheum, jalan suci, dango, dan bandung kota. Silahkan LIHAT DISINI

Tiket Masuk Lokasi

Harga tiket masuk puncak bintang terbaru adalah Rp 15.000 (saat kami berkunjung). Ditambah dengan tiket parkir Rp 5000 / motor (mobil kurang tahu).

Untuk camping, sesuai info sebelumnya adalah Rp 20.000/orang.

Jalan Menuju Lokasi Puncak Bintang

Lokasi puncak bintang Bandung cukup mudah untuk dicapai. Hanya berjarak kurang lebih 8-9 KM dari Cicaheum ke arah padasuka (Saung angklung udjo) tepatnya di Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung dan masuk ke wilayah Perhutani KPH Bandung Utara.. Untuk menuju lokasi yang paling mudah adalah dari akses jalan Padasuka-Cicaheum (saung angklung udjo, 8.5 km/± 30 menit ke arah utara).

Jika dari arah Bandung, rekan-rekan tinggal menuju ke arah terminal Cicaheum. di perempatan tepat sebelum lampu merah Cicaheum silahkan belok kiri ke arah Padasuka. Tidak perlu takut, terdapat petunjuk jalan yang cukup jelas ke arah padasuka (saung angklung udjo). Ikuti saja jalan terus..

Rutenya terus menanjak dan melewati area perkampungan juga perkebunan milik penduduk sekitar. Selain itu, jalan menuju lokasi akan melewati area cartil (caringin tilu) dengan warung-warung makan dan view bandungnya yang sudah cukup dikenal. Rekan-rekan bisa sekalian berhenti dan menikmati area sini. Pernah ke daerah punclut? suasananya mirip dengan punclut tapi dengan view yang jauh lebih indah.

CV. King Adventure Indonesia

CP : 081219876470

2020-03-12T08:28:23+00:00
Chat via Whatsapp