KEGIATAN OUTDOOR BERSAMA KELUARGA

Hutan Pinus - 4

Menghabiskan waktu liburan akhir pekan bersama keluarga sangatlah menyenangkan. Berbagai kegiatan bisa dilakukan bersama-sama. Supaya libur semakin seru, coba saja beberapa aktivitas outdoor yang tak hanya menyehatkan, tetapi juga membuat keluarga senang.

Hari Sabtu dan Minggu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap keluarga. Karena di hari tersebut seluruh anggota keluarga biasanya bisa berkumpul menghabiskan waktu bersama. Anda yang kebetulan ibu pekerja libur, begitu pun dengan ayah. Tak ayal, jika para orangtua pun berharap di setiap libur akhir pekan menjadi momen berkualitas untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.

Menghabiskan waktu liburan dengan berdiam diri di rumah saja lama-lama juga membuat bosan. Meski bisa selalu dekat dengan anak, tapi hanya menghabiskan waktu dengan melihat televisi, ngemil, bercanda, sesekali menemani mereka bermain, tetap saja kurang seru. Hal ini bisa-bisa membuat tubuh gemuk, karena tak banyak bergerak dan cenderung lebih sering makan atau ngemil. Apalagi anak-anak akan cenderung memilih bermain gadget dan tak banyak bergerak. Hal ini tidak baik untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Tak hanya anak-anak, Anda orangtuanya pun juga membutuhkan aktivitas yang akan membuat tubuh bugar di luar rumah. Kegiatan di luar rumah ini tentu akan menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan.

paket-tour-tidung

Anda bisa melakukan banyak kegiatan outdoor bersama keluarga. Dengan kegiatan outdoor ini, anak-anak pasti akan lebih bebas bergerak dan antusias. Melalui kegiatan ini, keluarga Anda pun akan semakin kompak. Hubungan Anda sebagai orangtua terhadap anak pun akan semakin dekat. Ada banyak kegiatan outdoor yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Anda bisa melakukan  kegiatan outdoor di sekitar rumah atau memilih tempat yang berada jauh dari tempat tinggal Anda sembari berlibur dan mencari suasana baru. Beberapa ide kegiatan outdoor ini bisa Anda lakukan bersama keluarga tercinta.

Pertama, kejar-kejaran. Ini merupakan permainan outdoor yang dapat membuat anak-anak senang. Mudah saja, karena bisa dilakukan di halaman rumah. Namun, perhatikan buah hati jika terantuk batu, karena bisa jatuh sewaktu-waktu. Anda dan anak bisa melakukan kesepakatan tertentu, siapa yang dikejar dan siapa yang mengejar. Kesepakatan pemberian penghargaan atau hadiah jika anak bisa mengejar ayah atau ibunya akan membuatnya semakin senang dan bersemangat.

Kedua, main semprotan air. Yang satu ini, anak-anak biasanya paling senang. Ia jadi bisa bermain sekaligus mainan air. Anda dan ayah tak boleh kalah. Bermain semprot-semprotan air bersama buah hati dan ayah akan menjadi aktivitas outdoor yang menyenangkan. Memang, baju Anda dan anak-anak akan basah terkena semprotan air. Anda pun bisa jadi akan lelah menghindari semprotan air anak-anak yang larinya mungkin lebih cepat dibandingkan Anda.

Ketiga, berkebun. Aktivitas ini selain bermanfaat untuk membuat rumah semakin rapi dan terkesan asri, juga mengenalkan kepada anak-anak untuk selalu mencintai tumbuh-tumbuhan. Tanpa tumbuhan dan pepohonan, lingkungan akan gersang dan bahaya banjir kapan saja bisa datang. Ajak buah hati untuk mencabuti rumput, merapikan tanaman, hingga menanam bunga atau tanaman herbal. Meski ayah, ibu, dan anak-anak akan kotor karena bersentuhan langsung dengan tanah, namun seru jika dilakukan bersama-sama. Jika rumah Anda dihiasi dengan taman yang indah dengan berbagai bunga warna-warni yang tumbuh, gemercik air di kolam, dan hijaunya dedaunan, tentu akan membuat Anda dan keluarga nyaman bersantai di taman bukan?

Keempat, melukis. Anak-anak biasanya senang menggambar, bahkan ada yang suka mencoret-coret dinding rumah. Tidak ada salahnya Anda memfasilitasi mereka dengan kanvas di halaman rumah untuk belajar melukis bersama. Biarkan mereka berekspresi dengan apa yang ingin mereka gambar. Dengan melukis di luar rumah, banyak objek yang bisa dilihat anak secara langsung, seperti pohon, rumah-rumah, jalanan, bebatuan, rumput, dan sebagainya. Hal ini tentu membuatnya semakin mudah mencoretkannya ke dalam kanvas. Selain itu, jika ini merupakan pengalaman pertama anak melukis secara outdoor, bisa jadi ia mendapatkan banyak pengalaman baru dalam kegemarannya melukis ini.

Kelima, camping. Mungkin Anda dan ayah pernah melakukan kegiatan ini semasa sekolah dulu saat kegiatan pramuka. Camping merupakan kegiatan outdoor yang menyenangkan dan akan membuat kita dekat dengan alam, begitu pula untuk anak-anak. Anda bisa ber-camping bersama keluarga saat libur akhir pekan nanti. Camping dengan memilih lokasi yang jauh dari rumah bisa saja dilakukan, sekaligus berekreasi dan menikmati panorama lain di sekitar area camping. Namun, jika Anda memilih ber-camping di sekitar rumah pun tidak menjadi masalah. Dengan camping bersama keluarga, kebersamaan akan tercipta. Rasa kasih sayang antaranggota keluarga pun semakin terpupuk. Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan camping dan juga bekal supaya camping Anda bersama keluarga seru dan menyenangkan.

Ternyata banyak ide kegiatan outdoor yang bisa dilakukan bersama keluarga. Selamat bersenang-senang dengan keluarga menikmati akhir pekan dengan kegiatan outdoor.

King Adventure Indonesia Aditya : 081219876470, Bobby : 081394452671

 

About The Author
2016-03-15T04:50:06+00:00