Jelajah Keseruan Outbound di Alam dengan Paket Paintball Lembang

Paket Paintball Lembang

Jelajah Keseruan Outbound di Alam dengan Paket Paintball Lembang

Bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan outbound, pastinya pernah mendengar istilah paintball yang kerap kali disertakan ke dalam rundown acara. Paintball sendiri merupakan sebuah olahraga rekreasi berupa simulasi perang, dimana masing-masing peserta harus mengalahkan musuh dengan cara menembakan peluru ke tubuh lawan.

Permainan ini benar-benar membutuhkan ketangkasan dan kecerdasan strategi dari masing-masing kelompok peserta. Oleh karenanya, permainan ini kerap kali direkomendasikan untuk disertakan dalam acara outbound perusahaan.

Dibalik keseruannya, nyatanya permainan ini memiliki sejarah yang cukup panjang hingga pada akhirnya menjadi permainan yang bisa dimainkan oleh semua kalangan. Dikutip dari wajahbatam.id (27/01/2018), cikal bakal permainan ini dimulai pada tahun 1970.

Pada waktu tersebut James Hale dari Daisy Manufacturing menciptakan sebuah alat pelontar cat guna menandai ternak sapi dan pohon yang hendak ditebang. Dengan sentuhan improvisasi dalam penggunannya, alat tersebut kemudian lambat laut kerap dipergunakan untuk permainan perang-perangan.

Paintball kemudian dimainkan pertama kali oleh Charles Gaines dan Bob Gunsey pada tahun 1981 di sebuah lapangan seluas 100 hektar di New Hampshire. Tahun demi tahun berlalu, permainan ini pun kian populer dan mendapatkan tempatnya di hati masyarakat.

Meski begitu, bukan berarti permainan ini tidak menuai kontra di mata sebagian orang. Seiring dengan publikasi nasional paintball pada tahun 1986, legalitas senjata yang dipergunakan mulai dipertanyakan.

Pada akhirnya pemerintah setempat menyatakan bahwa jenis senjata yang dipergunakan sangat berbeda dengan senjata api lainnya, seperti pistol dan senapan. Oleh karenanya, kemudian senjata untuk permainan ini cenderung disebut dengan istilah “marker” dibandingkan dengan “gun”.

Tahun demi tahun berlalu, permainan paintball pun naik kelas dengan diadakannya turnamen nasional di sejumlah negara bagian Amerika Serikat. Sebuah organisasi olahraga khusus paintball bernama National Professional Paintball League (NPPL) juga ikut didirikan.

Seiring dengan meningkatnya popularitas paintball, olahraga yang satu ini bahkan disejajarkan dengan olahraga terkenal dunia lainnya seperti sepak bola dan basket. Permainan paintball kemudian diperkenalkan pertama kali ke Indonesia sebagai sarana rekreasi di Pulau Dewata Bali.

Disebutkan oleh Asosiasi Paintball Indonesia, paintball mulai semakin dikenal luas saat Brigade 3234 membuka lokasi paintball pertama di Pulau Jawa, yaitu di Gunung Putri, Bogor. Setelah itu, lokasi paintball berturut-turut mulai dibuka di sejumlah wilayah Tanah Air.

Demikianlah sejarah awal mula ditemukannya permainan paintball hingga akhirnya merambah ke dalam negeri. Paintball sendiri biasanya dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu mengalahkan lawan dengan cara menandai tubuh lawan hingga permainan merebut bendera.

Untuk memulai permainan ini, para peserta akan dibekali dengan sejumlah peralatan dan perlengkapan. Beberapa diantaranya adalah paintball marker (pistol paintball), amunisi peluru cat, goggle yang merupakan pelindung wajah, body protector, dan seragam tempur.

Umumnya seragam yang dipergunakan bermotif loreng-loreng seperti tentara militer. Hal ini dikarenakan paintball sendiri sangat berkaitan erat dengan simulasi ala militer yang memerlukan strategi jitu.

Pistol yang dipergunakan untuk kegiatan ini memiliki sebuah wadah yang dikenal dengan loader/hopper dengan tabung gas yang memiliki kisaran tekanan hingga 4.500 psi. Meskipun memiliki tekanan yang cukup berbahaya, tetapi cairan/cat yang dipergunakan dipastikan tidak mengandung zat yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

Keberhasilan permainan ini bergantung pada kualitas peluru yang dipergunakan. Peluru dengan kualitas terbaik memiliki bentuk bulat sempurna, kulit pembungkus yang tipis, serta memiliki warna yang mencolok (umumnya metalik). Kualitas ini akan sangat mempengaruhi tingkat akurasi tembakan.

Meskipun relatif aman, tetapi para peserta dituntut untuk menaati peraturan demi keselamatan semua peserta. Salah satunya adalah larangan melepas goggle selama permainan berlangsung.

Selain itu, para peserta juga disarankan untuk tidak melontarkan peluru cat kepada lawan kurang dari jarak 5 meter. Apabila jarak penembakan dilakukan kurang dari jarak tersebut, dikhawatirkan dapat melukai bagian tubuh lawan yang tidak terlindungi seperti bagian leher.

Perlu diketahui, bahwa peluru paintball memiliki kecepatan rata-rata 200 km/jam. Dengan tekanan yang demikian, tembakan peluru yang dilakukan terlalu dekat tetap berpontensi mengenai beberapa organ sensitif seperti mata meski telah terlindung goggle sekalipun.

Paintball marker yang dipergunakan sendiri telah dilengkapi dengan kunci pengaman. Selama permainan tidak berlangsung, para peserta diwajibkan untuk mengunci marker yang mereka pergunakan untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apabila Anda tertarik untuk melakukan paintball seru di tengah kepungan suasana yang asri dan sejuk, King Adventure akan mengajak Anda untuk menjajal Paket Paintball Lembang. Harga paket yang kami tawarkan adalah Rp 150.000/pax (tidak termasuk dengan makan dan snack).

Perlu Anda ketahui, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika Anda mencoba olahraga yang satu ini. Sama seperti olahraga pada umumnya, paintball sangat bermanfaat dalam menguatkan jantung, menurunkan berat badan, melancarkan peredaran darah, meningkatkan stamina, hingga memperkuat otot dan sendi.

Di samping manfaatnya terhadap kesehatan fisik, paintball juga diklaim bisa menekan stress dan meningkatkan konsentrasi. Olahraga paintball juga bermanfaat membentuk kepribadian seseorang, dimulai dari melatih penyusunan strategi, keberanian, kedisiplinan, kerjasama, kekompakan, mengembangkan jiwa kepemimpinan, dan masih banyak lagi manfaat positif lainnya. (AS)

Baca juga : 6 Tempat Outbound Lembang

Tag: Sejarah Paintball, Pengertian Paintball, Aturan Main dan Perlengkapan Paintball, Paket Paintball Lembang, Outbound di Bandung

Paint Ball Lembang : 081219876470

2020-04-16T10:20:21+00:00
Chat via Whatsapp