Arung Jeram, saat ini bukan hanya menjadi konsumsi para petualang atau orang yang betul-betul harus memiliki skill di bidang arung jeram, dengan semakin berkembangnya tehnologi dan semakin banyaknya Sumber Daya Manusia yang expert di bidang arung jeram, serta seiring dengan kuatnya keinginan masyarakat umum, akhirnya Arung Jeram saat ini sudah bisa dijadikan komiditi Wisata Arung Jeram.

Salah satu Sungai yang sering digunakan sebagai kegiatanWisata Arung jeram, adalah Sungai Cipunagara yang berada di Kabupaten Subang Jawa Barat. Dengan route yang panjang kisaran 2-3 jam pengarungan, serta Grid atau tingkatan jeram yang memang tidak begitu extreme, menjadikan kawasan Sungai Cipunagara layak untuk dijual sebagai media Wisata Arung Jeram.

Jika kita ingin berwisata arung jeram di sungai cipunagara ini, Dari Bandung kita menuju ke arah Bandung Utara kemudian diteruskan menuju ke arah Jalan Cagak, dari jalan Cagak selanjutnya menuju ke arah Desa Cipunagara atau arah menuju jalur alternative ke Sumedang, dari jalan Cagak ini perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda 4 berkisar 15 menit perjalan lagi dan kita akan tiba di titik start untuk Arung Jeram.

cipunagara 2

Bagi para pemula, jeram-jeram yang akan dilewati sepanjang pengarungan tidaklah terlalu ekstrem, berdasarkan pengalaman Grid jeram sepanjang jalur pengarungan hingga titik yang sering digunakan untuk finish kisaran pada Grid 1 dan 2. Selama pengarungan kita akan melewati permukiman penduduk, hutan serta lembah-lembah, tidak ada salahnya setibanya di finish kita pun memesan minuman berupa Air Kelapa Muda, sebagai penghilang dahaga selesai pengarungan serta makanan ringan berupa gorengan khas tanah Sunda seperti Bala-bala, Gehu dan juga Pisang Goreng ini pun berguna untuk mengatasi rasa lapar karena rasa dingin selama pengarungan.